Rancang Bangun Aplikasi Edugame Museum Gorontalo Berbasis 3D

Main Article Content

Fajar Hemawanto
Fernando Thaib
Sri Ariyanti Sabiku

Abstract

Abstract — Museum sebagai tempat
penyimpanan benda sejarah dan juga sarana
informasi yang berfungsi menyimpan, merawat,
mengamankan dan memanfaatkan koleksi museum
berupa benda cagar budaya dan peninggalan sejarah
khususnya gorontalo, dengan perkembangan
teknologi saat ini banyak masyarakat yang
melupakan sejarah dan budaya daerahnya sendiri.
Oleh karena itu penulis membuat rancangan aplikasi
edugame Museum Gorontalo Berbasis 3D perpaduan
antara permainan, edukasi, dan pembelajaran
sejarah dan budaya. Penulis menggunakan
metodologi prototyping dimana penulis membuat
semua Objek 3D benda - benda yang ada pada
museum menggunakan Blender 3D, kemudian
membuat prototyping permainan pada Unity. Pada
aplikasi edugame ini terdapat informasi penjelasan
tentang benda - benda yang ada di museum, selain itu
aplikasi edugame ini juga terdapat fitur kuis sebagai
media pembelajaran bagi pemain sehingga pemain
tidak hanya bermain, tetapi pemain juga bisa belajar
sehingga proses pembelajaran menjadi lebih
menyenangkan. Aplikasi edugame ini diharapkan
dapat
digunakan
untuk
menambah
ilmu
pengetahuan dan dapat mempromosikan museum
serta mampu mendorong pelajar dan masyarakat
umum untuk datang langsung ke museum di kota
Gorontalo agar dapat melihat secara langsung benda
- benda asli yang terdapat dalam museum, dan juga
menumbuhkan rasa kecintaan akan sejarah seni dan
budaya di daerahnya sendiri, sehingga dapat
memajukan objek wisata museum di kota Gorontalo.

Article Details

How to Cite
Hemawanto, F., Thaib, F., & Sabiku, S. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Edugame Museum Gorontalo Berbasis 3D. Jurnal Teknologi Informasi Indonesia (JTII), 2(2), 10-12. https://doi.org/10.30869/jtii.v2i2.280
Section
Articles