PENGEMBANGAN APLIKASI ENGLISH GAME FOR HEARING IMPAIRED STUDENTS BERBASIS KOMPUTER

Main Article Content

Sri Ariyanti Sabiku

Abstract

ABSTRAK–Penelitian
ini
bertujuan:
(1)mengembangkan Aplikasi English Gamefor
Hearing Impaired StudentsBerbasis Komputer,
(2)mengetahui kelayakan desain aplikasi berdasarkan
penilaian ahli materi, ahli media, dan peserta didik
tunarungu, (3)mengetahui penguasaan kosakata
Bahasa Inggris peserta didik tunarungu dengan
menggunakan
mediapembelajaran
ini.Jenis
penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan
atau dikenal Research and Development (R&D)
dengan
tahapan
sebagai
berikut:
Studi
Pendahuluan(Analisis),PerencanaanDesain,Pengemb
anganDesain,Validasi Ahli, Revisi, Uji Coba
Pengguna. Subjek uji coba penelitian berjumlah 9
orang yang terdiri dari 6 orang perempuan dan 3
orang laki-laki di tingkat SMP-LB Kelas Tipe B-
Tunarungu SLB Negeri Kota Gorontalo. Teknik
pengumpulan
data
menggunakan
observasi,
wawancara, dokumentasi, angket, dan tes. Data yang
dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan
teknik analisis kualitatif deskriptifdan teknik analisis
kuantitatifdeskriptif.Hasil penelitian menunjukan
bahwaAplikasi English Game for Hearing Impaired
Students Berbasis Komputer sebagai Media
Pembelajaran dalam Mengenalkan Kosakata Bahasa
Inggris dengan tingkat kelayakan berdasarkan
penilaian ahli media sebesar 88.07% atau dapat
dikonversi sama dengan 4.403 termasuk kategori
sangat layak, penilaian ahli materi sebesar 90% atau
dapat dikonversi sama dengan 4.5 termasuk kategori
sangat layak. Kemudian, hasil uji coba pengguna
mengenai tanggapan tingkat kelayakan media sebesar
90,67% atau dapat dikonversi sebesar 4.533 termasuk
kategori
sangat
layak.
Penelitian
inijuga
membuktikan adanya peningkatan penguasaan
kosakata Bahasa Inggris yang tergambarkan melalui
perbandingan masing-masing skor perolehan tes
kosakata peserta didik yang menggunakan aplikasi
dibandingkan tanpa menggunakan aplikasi.Dengan
demikian, dapat disimpulkanaplikasi inilayak
digunakan sebagai media pembelajaran dalam
mengenalkan kosakata Bahasa Inggris di SLB Negeri
Kota Gorontalo.

Article Details

How to Cite
Sabiku, S. (2017). PENGEMBANGAN APLIKASI ENGLISH GAME FOR HEARING IMPAIRED STUDENTS BERBASIS KOMPUTER. Jurnal Teknologi Informasi Indonesia (JTII), 2(2), 41-49. https://doi.org/10.30869/jtii.v2i2.287
Section
Articles