Sistem Informasi Pelaporan Dana Bantuan Operasional Sekolah Berbasis Web

Main Article Content

Saprina Mamase
Irwan Karim
Winarni Duda

Abstract

Abstract— Sistem pelaporan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang ada di Provinsi Gorontalo masih menggunakan sistem manual, yaitu dengan cara mengetik dengan menggunakan software Microsoft Word atau Microsoft Excel. Maka secara tidak langsung terdapat beberapa masalah diantaranya adalah kesalahan dalam pencatatan dan penggunaan dana BOS, kesalahan dalam perhitungan data keuangan, keterlambatan dalam penyelesaian laporan dan masih banyak masalah lainnya. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Penelitian ini mengusulkan sebuah sistem informasi pelaporan dana BOS yang efisien dan tepat guna demi menunjang kinerja bendahara sekolah. Sistem Informasi Pelaporan Dana BOS merupakan aplikasi berbasis web yang digunakan untuk memudahkan pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah, dimana pada aplikasi ini terdapat fitur-fitur yang dapat menghasilkan laporan-laporan yang dibutuhkan dalam pengelolaan Dana BOS, diantaranya yaitu Laporan RKA, Laporan RKAS, Laporan BKU, Laporan Buku Pembantu dan laporan-laporan lainnya.


Kata kunci : Sistem Informasi, Aplikasi Web, Dana Bos, Pelaporan

Article Details

How to Cite
Mamase, S., Karim, I., & Duda, W. (2019). Sistem Informasi Pelaporan Dana Bantuan Operasional Sekolah Berbasis Web. JTII (Jurnal Teknologi Informasi Indonesia), 2(1), 1 - 5. https://doi.org/10.30869/jtii.v2i1.302
Section
Articles

References

Ariestyo, R. R., Fariza, A., & Prasetya, I. (2011). Sistem Informasi Pengelolaan Dana Bantua Operasional Sekolah ( Bos ) Di SMP Surabaya. Jurusan Teknologi Informatika PENS, 1–27.
Indraswuri, I. D., Purnama, B. E., & Yulianto, L. (2012). Sistem Informasi Bantuan Operasional Sekolah Unit Pelaksana Teknis Taman Kanak-Kanak Dan Sekolah Dasar (UPT TK Dan SD) Kecamatan Kebonagung Kabupaten Pacitan. Indonesia Jurnal on Computer Sceince, 1–6.
Malik, J., & Nurfauzi, H. (2011). Sistem Informasi Pengelolaan dan Laporan Keuangan Dana BOS Berbasis Multi User di MTs Sudirman Jimbaran. Teknologi Informasi Komputer, Sekolah Tinggi Elektronika Dan Komputer.
Lokakarya Desain Pembelajaran, di Universitas Muhammadiyah PurworejoTengku Zainal, Tengku Zawawi bin . (2003). Penggunaan internet dalam pendidikan matematik. Diambil tanggal 11 Januari 2007, dari http://www.ctl.utm.my.
Wawan Wardiana (2003) Perkembangan teknologi informasi di Indonesia. Makalah disampaikan pada Seminar dan Pameran Teknologi Informasi di Fakultas Teknik Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) Jurusan Teknik Informatika tanggal 9 Juli 2002.