Aplikasi Pembelajaran Interaktif Huruf Hijaiyah Taman Pengajian Kota Gorontalo

Main Article Content

Budiyanto Ahaliki
Yurlin Djafar

Abstract

Abstrak— Huruf hijaiyah adalah salah satu pembelajaran untuk mengenal bahasa arab, pada dasarnya huruf hijaiyah digunakan pada tahap awal membaca AlQur’an, sehingga untuk dapat mempelajari AlQur’an setiap muslim harus mempelajari sejak usia dini. Berdasarkan Observasi di Taman Kanak-kanak Kihajar Dewantoro 14 masih menggunakan buku panduan guru yang memuat tentang pengenalan huruf Hijaiyah. metode ini sering membuat anak-anak merasa jenuh dan malas belajar, karena metode pembelajarannya kurang menarik dan membosankan, Dengan metode tersebut tentunya anak-anak akan kesulitan dalam belajar mengenal huruf hijaiyah dengan baik dan benar. Untuk itu penulis mengangkat sebuah judul aplikasi pembelajaran interaktif huruf hijaiyah berbasis android Pada Taman Kanak-Kanak Kihajar Dewantoro 14 yang berada di Jln Tribrata Kel. ipilo Kec. Kota Timur Gorontalo, Penelitian ini dillakukan selama 4 bulan yaitu terhitung mulai bulan Maret sampai dengan bulan Mei 2015.Perangkat yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini meliputi Eclipse, SDK Android, ADT Bundle. Tujuan dari aplikasi ini adalah memberikan kemudahan kepada anak-anak dalam proses belajar huruf hijaiyah, serta meningkatkan minat belajar anak dengan cara yang tidak membosankan yaitu dengan tampilan Multimedia yang didesain dan dimodifikasi untuk menarik perhatian anak. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa aplikasi pembelajaran interaktif dapat memberikan kemudahan epada anak-anak dalam proses belajar huruf hijaiyah.



Kata Kunci : Android, Huruf Hijaiyah, Eclipse, ADT Bundle.

Article Details

How to Cite
Ahaliki, B., & Djafar, Y. (2019). Aplikasi Pembelajaran Interaktif Huruf Hijaiyah Taman Pengajian Kota Gorontalo. JTII (Jurnal Teknologi Informasi Indonesia), 2(1), 33 - 37. https://doi.org/10.30869/jtii.v2i1.307
Section
Articles

References

[1] Husaini, Fachri, (2013) ”Pembuatan Media Edukasi Ayo Bermain Huruf Hijaiyah pada TPA An-Nur Daleman Kec.Karanganyar.
[2] Irwansyah, Edy.Moniaga. Jurike V. 2014. Pengantar Teknologi Informasi. Yogyakarka
[3] Mantu A, 2014. “Aplikasi Huruf Hijaiyah Berbasis Android” (Tugas Akhir)
[4] Dr.H. Chirzin.M, M.Ag Kearifan AlQur’an.Jakarta
[5] Supardi, Ir.Yuniar. 2014. Semua Bisa Menjadi Programmer Android Case Study. Jakarta : PT. Alex Media Komputindo.
[6] Sugiarti Yuni, 2013. Analisis & Perancangan UML. Yogyakarta : Graha Ilmu