Sistem Informasi Akademik Monitoring Perkuliahan Di Politeknik Gorontalo

Main Article Content

Ismail Mohidin
Eton R Husin

Abstract

Abstract— Monitoring perkuliahan merupakan kegiatan proses belajar mengajar yang dilakukan oleh dosen. Sehingga dalam proses monitoring perkuliahan dapat lebih terkontrol dan lebih up to date karena melibatkan kesatuan luar yang terhubung dalam suatu sistem. Kegiatan monitoring perkuliahan merupakan kegiatan akademik yang dilakukan oleh Program Studi di masingmasing jurusan yang bertujuan untuk memantau penerapan standar proses pembelajaran yang dilakukan oleh dosen secara terus menerus dan untuk pengambilan tindakan berdasarkan kondisi yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem informasi akdemik yang terintegrasi keseluruh satuan kerja yang ada di Politeknik Gorontalo, tujuannya untuk memudahkan mahasiswa, dosen dan bagian akademik dalam mencari informasi, tentang perkembangan proses belajar mengajar dalam setiap kelas. Di Politeknik sendiri belum ada sistem terintegrasi untuk melihat dan memantau perkembangan dari setiap proses pembelajaran sehingga banyak menimbulkan permasalahan dilapangan, maka perlu merancang sebuah sistem yang akan membantu dan monitoring setiap perkembangan proses belajar mengajar setiap perkulihan selain itu juga dalam system ini terdapat beberapa fitur yang akan ditambakan seperti nilai akhir mahasiswa, Kartu Hasil Studi dan Transkrip Nilai.
Kata Kunci : Monitoring, Perkuliahan.

Article Details

How to Cite
Mohidin, I., & Husin, E. (2019). Sistem Informasi Akademik Monitoring Perkuliahan Di Politeknik Gorontalo. JTII (Jurnal Teknologi Informasi Indonesia), 2(1), 6 - 12. https://doi.org/10.30869/jtii.v2i1.308
Section
Articles

References

Jogiyanto, Muttaqin, F., & Musadieq, M. Al. 2014. Analisis Dan Desain Sistem Informasi Berbasis Komputer Untuk Persediaan Barang Pada Toko Bahan Bangunan (Studi Kasus pada UD. Sumber Bumi Subur); 8(1); 1–7.
Koespradono, Suraya, Y. R. K. 2013. Sistem Informasi Pengolahan Data Pertumbuhan Ekonomi Dan Ketimpangan Di Kabupaten Klaten (Tahun 2003-2012) Menggunakan Framework Codeigniter; 1(1); 46–54.
Liatmaja, I. U. W. 2013. Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Pada Lembaga Bimbingan Belajar Be Excellent Pacitan; 58–63.
Priyanto W. 2003. Sistem Informasi Monitoring Perkuliahan Berbasis Web Di STMIK Sinar Nusantara Surakarta; 53.
Saputra, R. 2015. Desain sistem informasi order photo pada creative studio photo dengan menggunakan bahasa pemrograman visual basic. 17(2); 86–93.
Sophian, S. 2014. Penginplementasian Dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan dan Pengendalian Stok Barang Pada Toko Swastika Servis (SS) Bangunan Dengan Menggunakan Bahasa Pemograman Visual Basic 6.0 Didukung dengan Database MySQL) 16(1); 1–5.
Sulistyorini, P. (2009). Pemodelan Visual dengan Menggunakan UML dan Rational Rose; XIV(1); 23–29.
Yendri, D., & Sovia, R. 2012. Perancangan Sistem Informasi Akademik Nilai Siswa Berbasis Web (Studi Kasus : SMK Ciledug Al-Musaddadiyah Garut); 5(1); 97–106.