PERBANDINGAN ALGORITMA A* DENGAN ALGORITMA DIJKSTRA UNTUK PENCARIAN JARAK DAN RUTE TERPENDEK BERBASIS WEB

Main Article Content

Nursetia Wati
Sri Hastuti Permatasari

Abstract

 


Penggunaan Gas Elpiji di Kota Gorontalo mulai meningkat sejak awal tahun 2012. Hal ini dilihat dengan semakin banyaknya penyebaran pangkalan-pangkalan elpiji di Kota Gorontalo. Namun, tidak semua masyarakat mengetahui lokasi serta rute untuk menuju ke pangkalan-pangkalan tersebut. Oleh karena itu, penulis bermaksud merancang sebuah aplikasi web yang dapat menampilkan lokasi serta rute terpendek untuk sampai ke pangkalan yang akan dituju. Ada beberapa algoritma yang digunakan dalam pencarian rute terpendek, namun algoritma yang digunakan pada penelitian ini yaitu hanyalah algoritma A* dan algoritma Dijkstra. Tujuan dari penelitian ini yaitu membandingkan algoritma A* dan algoritma Dijkstra untuk melihat manakah yang lebih cepat dalam pencarian rute terpendek dari posisi awal user ke lokasi tujuan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu Metode Web Development Life Cycle (WDLC). Dimana, penulis membandingkan algoritma A* dan algoritma Dijkstra dari segi pencariannya yang sistem/aplikasinya akan dijalankan pada Web. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan dari algoritma A* dan algoritma Dijkstra hanya ada pada perhitungan untuk mencari rute terpendek lokasi tujuan. Dimana, pada algoritma A* dapat dilakukan dengan cepat sebab tidak dilakukan pada semua node yang terhubung, hanya melihat setiap node yang bernilai kecil untuk dilewati, dan mengikuti node-node bernilai kecil tersebut hingga sampai ke lokasi tujuan. Sedangkan pada algoritma Dijkstra, pencariannya dilakukan pada semua node yang terhubung dengan lokasi awal user. Sehingga, perhitungan untuk mencari rute terpendek menjadi lambat untuk sampai ke lokasi tujuan.

Article Details

How to Cite
Wati, N., & Permatasari, S. (2019). PERBANDINGAN ALGORITMA A* DENGAN ALGORITMA DIJKSTRA UNTUK PENCARIAN JARAK DAN RUTE TERPENDEK BERBASIS WEB. JTII (Jurnal Teknologi Informasi Indonesia), 4(1), 1-6. https://doi.org/10.30869/jtii.v4i1.371
Section
Articles

References

[1]Reddy, H., 2013. Path Finding-Dijkstra’s and cA* Algorithm’s. [Online] Available at: http://cs.indstate.edu/hgopireddy/newalg.html [Accessed 25 September 2016].
[2]Russel & Norvig, 2003. Artificial Intelligence: A Modern Approach (1995) hal 63
[3]Muzakkir R. 2013. Sistem Informasi Geografis Berbasis Web Untuk Menentukan Rute Terpendek Dengan Algoritma Dijkstra Di Kota Gorontalo (Studi kasus tempat perbelanjaan seperti Mall, Supermarket dan Apotik). Skripsi. Gorontalo : Universitas Negeri Gorontalo.
[4]Ardiani, Farida. 2011. Penentuan jarak terpendek dan waktu tempuh menggunakan algoritma Dijkstra dengan pemrograman berbasis objek. Skripsi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
[5]Kamatchi, R. et. 2013. Software Engineering: Web Development Life Cycle. Internasional journal of Engineering Reserch & Technology.