EVALUASI APLIKASI iJAKARTA MENGGUNAKAN TEORI GOLDEN RULES OF USER INTERFACE DESIGN THEO MANDEL

Main Article Content

Khairuddin Nento

Abstract

Evaluasi desain interface, selanjutnya disebut antarmuka merupakan sebuah bagian dari penilaian terhadap antarmuka suatu sistem atau aplikasi. Dengan evaluasi tersebut maka dapat ditemukan kekurangan dan kelebihan apa yang dimiliki desain antarmuka tersebut. Pada dasarnya desain antarmuka dapat dikatakan baik apabila antarmuka tersebut mudah dipahami dan tidak rumit untuk digunakan oleh pengguna walaupun pengguna tersebut dalam kategori pemula, sebaliknya apabila antarmuka tersebut bagus, keren namun sulit untuk dipahami maka antarmuka tersebut belum dapat dikategorikan sebagai antarmuka yang baik. Selanjutnya penelitian ini akan memfokuskan pada desain antarmuka dari suatu aplikasi Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah DKI Jakarta khusus untuk platform android dengan nama iJakarta yang saat ini tersedia dalam versi 1.8.5. menggunakan evaluasi Golden Rules of User Interface oleh Theo Mandel. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa aplikasi iJakarta dapat dinyatakan telah baik dalam desain antarmukanya dan dapat membantu pengguna aplikasi. Walaupun masih terdapat beberapa kekurangan pada aplikasi Ipusnas..

Article Details

How to Cite
Nento, K. (2019). EVALUASI APLIKASI iJAKARTA MENGGUNAKAN TEORI GOLDEN RULES OF USER INTERFACE DESIGN THEO MANDEL. JTII (Jurnal Teknologi Informasi Indonesia), 4(1), 7-17. https://doi.org/10.30869/jtii.v4i1.372
Section
Articles

References

[1].N. A. Martini, Materi Pokok Psikologi Perpustakaan. Jakarta: Universitas Terbuka, 2010.
[2].Khoirunnisa, “iJakarta, ‘Aplikasi Perpustakaan Digital untuk Pinjam eBook Gratis,’” Jakarta, 2016.
[3].N. Abdullah, “Ini Dia iJakarta, Aplikasi Perpustakaan Digital Pertama di Indonesia,” Jakarta, 2015.
[4].“iJakarta.” [Online]. Available: https://ijakarta.id/. [Accessed: 30-Apr-2019].
[5]. dan J. F. A. Yemima Monica Geasela, Pranchis Ranting, “Analisis User Interface terhadap website berbasis E-Learning dengan metode Heuristic Evaluation,” J. Inform., vol. Vol.5, no. No.2, pp. 270–277, 2018.
[6].E. Fatmawati, “Pemanfaatan Aplikasi Perpustakaan Digital iJateng Melalui Smartphone,” Profetik J. Komun., vol. Vol.10, no. No.2, 2017.
[7].Y. M. Alimuddin Yasin, “Evaluasi Web UJB Menggunakan Golden Rules of User Interface Design Theo Mandel,” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Multimed., 2016.
[8].P. h. Theo Mandel, “Golden Rules of User Interface Design,” Golden Rules of User Interface Design. [Online]. Available: https://theomandel.com/resources/golden-rules-of-user-interface-design/. [Accessed: 30-Apr-2019].
[9].Arikunto, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
[10].R. J.R, Metode Penelitian Kualitatif Jenis Karakteristik dan Keunggulannya. Jakarta: Grasindo, 2013.