Aplikasi Pembaca Tunanetra Menggunakan Smartphone Android

Main Article Content

Fajar Hermawanto
Sri Ariyanti Sabiku
Maryam Dai

Abstract

Dalam mengakses informasi penyandang tunanetra berbeda dengan manusia pada umumnya. Jika orang normal hanya dengan melihat yang ada disekelilingnya mereka akan memperoleh banyak informasi, namun bagi penyandang tunanetra mereka harus menggunakan indera peraba dan indera pendengar. Untuk memperoleh informasi visual(teks), penyandang tunanetra menggunakan bahan bacaan yang dicetak dalam tulisan Braille (huruf timbul yang diraba). Akan tetapi ketersediaan informasi teks dalam bentuk Braille ini sangat terbatas. Keterbatasan informasi dalam bentuk Braille, menjadi kendala bagi penderita tunanetra disaat ingin mengetahui informasi yang terdapat dalam bentuk surat kabar, majalah, bulletin dan sebagainya. Selain itu penyandang tunanetra sangat membutuhkan informasi melalui media visual. Khusus untuk tulisan atau teks disediakan dalam bentuk Braille. Berdasarkan masalah diatas, maka dibuat suatu Aplikasi Pembaca Tunanetra menggunakan Smartphone Android. Hal ini dapat mempermudah penyandang tunanetra dalam memperoleh informasi visual (teks). Dengan adanya aplikasi yang akan dibuat ini diharapkan dapat membantu dan mempermudah penyandang tunanetra dalam memperoleh informasi visual (teks).

Article Details

How to Cite
Hermawanto, F., Sabiku, S., & Dai, M. (2019). Aplikasi Pembaca Tunanetra Menggunakan Smartphone Android. JTII (Jurnal Teknologi Informasi Indonesia), 4(1), 40-47. https://doi.org/10.30869/jtii.v4i1.375
Section
Articles

References

[1].Y. Sekar and M. Rachmawati, “Perancangan Pusat Komunitas Tunanetra Indonesia dengan Pendekatan Indera,” JURNAL SAINS DAN SENI ITS Vol. 5, No.2, (2016).
[2].J. Sistem and I. Justin, “IMPLEMENTASI OPTICAL CHARACTER RECOGNITION ( OCR ) PADA MESIN PENERJEMAH,” Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JUSTIN) Vol. 5, No. 2, (2017).
[3].R. M. Nahlisa and L. Christiani, “BUKU BRAILE SEBAGAI JEMBATAN KETERBATASAN AKSES INFORMASI SISWA TUNANETRA SEKOLAH LUAR BIASA BAGIAN A DRIA ADI SEMARANG,” Jurnal Ilmu Perpustakaan Vol. 4, No. 2 (2015).
[4].M. Ichwan, and F. Hakiky, ”PENGUKURAN KINERJA GOODREADS APPLICATION PROGRAMMING INTERFACE (API) PADA APLIKASI MOBILE ANDROID (Studi Kasus Untuk Pencarian Data Buku) “ , Jurnal informatika, vol. 2, no. 2, pp. 13–21.
[5].R. Jana and A. R. Chowdhury, “Optical Character Recognition from Text Image,” International Journal of Computer Applications Technology and Research, vol. 3, no. 4, pp. 239–243, 2014.
[6].A. Kinerja et al., “Implementasi Diagram UML (Unified Modeling Language) Pada Perancangan Sistem Informasi Remunerasi Dosen Dengan Database Oracle,” Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, vol. 6341, no. November, pp. 1–9, 2018.