ANALISIS BIAYA PRODUKSI DAN PENDAPATAN PADA INDUSTRI TAHU “SUMBER REZEKI” DESA HUNGAYONAA KECAMATAN TILAMUTA KABUPATEN BOALEMO

  • Andi Lelanovita Sardianti Universitas Ichsan Gorontalo
Keywords: Tahu; Biaya Produksi; Pendapatan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendapatan dan biaya produksi tahu pada industri tahu “Sumber Rezeki” di Desa Hungayonaa Kecamatan Tilamuta Kabupaten Boalemo. Pengumpulan Data yang digunakan dengan cara observasi langsung ke industri tahu “ Sumber Rezeki ” dengan teknik wawancara langsung dengan responden, yaitu pemilik atau pimpinan industri, karyawan serta pedagang tahu dengan menggunakan daftar pertanyaan (Questionaire). Penentuan responden dilakukan secara sengaja (Purposive) yaitu satu orang pimpinan, dan 4 orang yang mewakili dari tenaga kerja bertugas dalam bidang mengkoordinir kinerja karyawan yang berproduksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa biaya Produksi yang dikeluarkan industri tahu “Sumber Rezeki” yaitu sebesar Rp. 34.513.500 yang terdiri dari biaya tetap dan biaya variabel sedangkan Pendapatan yang diperoleh industri tahu “Sumber Rezeki” adalah sebesar Rp. 16.986.500.

References

Hanafiah dan Saefudin. 2005. Tata
Niaga Hasil Perikanan. Universitas Indonesia
Press. Jakarta.

Kotler. 2003. Manajemen Pemasaran :
Analisis Pemasaran, Implementasi dan
Pengendalian. Salemba Empat. Jakarta.

Kartasapoetra. 2005. Marketing Produk
Pertanian dan Industri. Rineka Cipta.Jakarta.

Maftukhim, 2006. Kemungkinan
Perluasan Pasar Emping Melinjo Melalui Kontrol
Kualitas. Proposal Penelitian Program Pasca Sarjana UNHAS. Ujung
Pandang

Rahardi, F. 1999. Agribisnis Tanaman
Buah. Penebar Swadaya. Jakarta.

Rukmana dan Yuyun. 2006. Kedelai
Budidaya dan Pasca Panen. Kanisius. Yogyakarta.

Ridwan, M, 2008. Biaya-Biaya
Produksi. Edisi Revisi, Penebar Swadaya. Jakarta.

Rahardi, F., Rony P., dan Asiani B.
2009. Agribisnis Tanaman Sayur. Penebar Swadaya. Jakarta.

Somaatmaja. 1997. Kedelai. Badan
Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Bogor.

Suharno dan Mulyana. 2006. Industri
Tahu dan Tempe dalam Ekonomi Kedelai Indonesia Diedit oleh Amang, Sawit dan Rahman. IPB Press. Bogor.

Sarwono, B., dan Yan Pieter Saragih.
2006. Membuat Aneka Tahu. Penebar Swadaya. Jakarta.

Soekartawi.2002. Prinsip Dasar
Manajemen Pemasaran Hasil-hasil Pertanian : Teori dan Aplikasinya. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Stanton. 2004. Prinsip Pemasaran.
Erlangga. Jakarta.

Sumaatmadja.2008.Pendekatan dan
Analisa Keuangan.ITB. Bandung

Sudiyono. 2001. Pemasaran Pertanian.
UMM Press. Malang.

Swastha. 2007. Saluran Pemasaran.
BPFE. Yogyakarta.
Published
2019-06-20