PENGELOMPOKKAN KUALITAS DAGING IKAN TUNA DENGAN K-MEANS BERBASIS HISTOGRAM DERAJAT KEABUAN
PDF

How to Cite

Pakaya, R., & Suleman, S. (2018). PENGELOMPOKKAN KUALITAS DAGING IKAN TUNA DENGAN K-MEANS BERBASIS HISTOGRAM DERAJAT KEABUAN. Jurnal Technopreneur (JTech), 6(2), 75 - 80. https://doi.org/10.30869/jtech.v6i2.207

Keywords

Pengelompokan, kualitas daging ikan tuna, K-Means

Abstract

Potensi perikanan dan kelautan Gorontalo yang paling menonjol adalah ikan tuna yang merupakan hasil tangkapan nelayan. Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) melakukan berbagai terobosan sehingga nelayan khususnya yang menangkap ikan tuna bisa sejahtera dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas hasil perikanan. Kualitas ikan tuna tangkapan nelayan Gorontalo memiliki kualitas dan mutu yang bagus, hal ini terlihat oleh banyaknya permintaan dari daerah tetangga. Saat ini produksi tuna hasil tangkapan nelayan di Gorontalo dikirim ke sejumlah daerah seperti Makassar, Surabaya, Jakarta, dan Bali. selanjutnya ikan tuna ini diekspor keluar negeri, hal ini disebabkan seringnya terjadi perbedaan dalam mengelompokan kualitas daging ikan tuna. Dalam mengetahui mutu dan kualitas hasil perikanan, khusunya ikan tuna dapat dilihat secara langsung. Tahapan ini dilakukan oleh seorang ahli (checker) dengan melakukan pembedahan pada ikan tuna. Ikan tuna akan dibedah menjadi empat bagian daging yaitu daging sisi kiri dan kanan. Namun  dalam  pengelompokkan mutu dan kualitas daging ikan tuna dengan menggunakan cara ini sering terjadi banyak kesalahan.

Pada penelitian ini penulis menggunakan metode clustering K-Means berbasis histogram derajat keabuan untuk menyelesaikan masalah dalam pengelompokan kualitas daging ikan tuna. Hasil clustring terbaik diperoleh 3 kelompok kualitas daging ikan tuna yaitu Cluster A, Cluster B, Cluster C.

https://doi.org/10.30869/jtech.v6i2.207
PDF