RANCANG BANGUN PROTOTIPE MESIN PENGUPAS BUAH KAPUK DENGAN PRINSIP PEMISAH BIJI DAN SERAT KAPUK MENGGUNAKAN PENGGERAK MOTOR BAKAR

Main Article Content

admin admin
Muldiyono Ahmad
Evi Sunarti Antu
Burhan Liputo

Abstract

Dilatar belakangi dari perkembangan teknologi yang semakin maju di dunia industri yang dulunya menggunakan tangan manusia sekarang tergantikan oleh mesin. Salah satu contoh adalah pemecah dan pemisah kulit kapuk randu yang dulunya masih menggunakan tangan manusia untuk memecah dan memisahkan antara kapuk, kulit, dan biji buah kapuk dalam pengolahannya menjdi kapuk bersih. Hasil dari pengolahan yang menggunakan tangan manusia kurang maksimal dan membutuhkan waktu yang lebih lama. Oleh karena itu telah dibuat mesin pemecah dan pemisah kulit kapuk randu dengan kapasitas 30 kg/jam. Dalam pembuatan mesin ini memerlukan beberapa langkah pengerjaan, yang meliputi persiapan alat dan bahan, mempelajari gambar kerja, pembuatan rangka mesin, pembuatan mata pisau pemecah, pembuatan mata pisau pemisah, pembuatan ruang pemecah, pembuatan ruang pemisah pembuatan hooper input dan output, proses finising dan proses perakitan mesin. Selanjutnya mesin siap diuji coba. Dari proses pembuatan tersebut dihasilkan mesin pemecah kulit kapuk randu dengan kapasitas 30 kg/jam. Dengan putaran mesin 1000 rpm, mesin ini memisahkan antara kulit, kapuk, dan biji kapuk yang nantinya akan dihasilkan kapuk bersih yang siap digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
admin, admin, Ahmad, M., Antu, E., & Liputo, B. (2019). RANCANG BANGUN PROTOTIPE MESIN PENGUPAS BUAH KAPUK DENGAN PRINSIP PEMISAH BIJI DAN SERAT KAPUK MENGGUNAKAN PENGGERAK MOTOR BAKAR. Jurnal Teknologi Pertanian Gorontalo (JTPG), 4(1), 7 - 14. https://doi.org/10.30869/jtpg.v4i1.338
Section
Articles

References

Ambarwati, D. A. dan S. D. (2006). Pemanfaatan Abu Kulit Buah kapuk (Ceiba petandra) sebagai Pupuk untuk Meningkatkan Produktivitas.

Cahyono, J. J. D. dan B. (n.d.). Kapuk Budi Daya dan Analisis Usaha Tani. Yogyakarta. Kanisius.

Daywin, F. J., D. (2008). Mesin-mesin Budidaya Pertanian di Lahan Kering. Jakarta: Graha Ilmu.

Mekanistore.blogspot.com. (2019). Mesin Pemisah kapuk. Retrieved from http://mekanikastore.blogspot.com/search?q=kapuk&x=0&y=0# (diakses 2 Januari 2019)

Tjitrosoepomo, G. (2000). Taksonomi Tumbuhan (Spermatophyta). In Yogyakart : UGM Press.