KOMPOR BIOMASSA SISTEM BATCH MENGGUNAKAN BAHAN BAKAR SEKAM PADI

Main Article Content

admin admin
Mustaqim Kamba
Romi Djafar

Abstract

 


Biomassa merupakan material biologis berupa tumbuhan dan hewan yang dapat diubah menjadi sumber energi. Berbagai jenis biomassa dari hasil sisa pengolahan bahan pertanian seperti sekam padi, tongkol jagung dan serbuk kayu yang selama ini belum dimanfaatkan secara maksimal. Biomassa ini dapat digunakan sebagai bahan bakar alternatif pengganti minyak bumi yang cocok dikembangkan di Indonesia  khususnya propinsi Gorontalo yang memiliki tanaman padi yang sekali panen menghasilkan limbah pertanian yang sangat melimpah yaitu sekam padi. Kebiasaan yang sering dilakukan oleh petani adalah dengan melakukan pembakaran sekam padi yang membawa dampak pada pencemaran lingkungan, yang bersumber dari asap pembakaran sekam padi tersebut. Maka di buatlah fabrikasi kompor gasifikasi biomassa sistem batch dengan menambahkan kepala kompor dan menggunakan blower sebagai udara primer. Oleh karena itu, Teknologi kompor gasifikasi yang dapat mengkonversi biomassa menjadi energi panas yang hemat energi dan ramah lingkungan sebagai solusi yang tepat  untuk diperkenalkan kepada pemerintah daerah maupun masyarakat. Tujuan dari pembuatan kompor ini adalah merancang fabrikasi kompor biomassa dengan bahan baku sekam padi. Hasil fabrikasi telah diuji  kinerjanya dengan jumlah ukuran bahan bakar yaitu 1 kg. Metode yang digunakan adalah water boiling test (WBT) terhadap 2 liter air. Berdasarkan pengujian didapatkan hasil waktu mendidig tercepat terjadi pada menit ke 5,36. komsumsi bahan bakar  yang dihasilkan berturut-turut 1,1 kg/h; 1.9 kg/h dan 2.5 kg/h. Power output yang didapatkan adalah terendah sebesar 0.8 kWh dan tertinggi sebesar 1.8 kWh. Sedangkan  efesiensi termal kompor gasifikasi dihasilkan sebesar 23.8%.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
admin, admin, Kamba, M., & Djafar, R. (2019). KOMPOR BIOMASSA SISTEM BATCH MENGGUNAKAN BAHAN BAKAR SEKAM PADI. Jurnal Teknologi Pertanian Gorontalo (JTPG), 4(1), 15 - 25. https://doi.org/10.30869/jtpg.v4i1.339
Section
Articles

References

Alexis T, Belonio (2005). Rice Husk Gas Stove Handbook. Departement of Agricultural Engineering and Environmental Management College Of Agriculture, Philippine.

Anonimous, 2010. Jenis-jenis Biomassa. pendidikan. Diakses 26 juni 2014. pukul 09.42 WITA.

Babu, B.V. and Chaurasia, A.S. (2003). Modeling for Pyrolysis of Solid Particle: Kinetics and Heat Transfer Effects.

Badan Pusat Statistik (BPS), 2012. Produksi padi, jagung, kedelai angka ramalan I tahun 2012. Jakarta (ID): BPS

Bhattacharya, S.C, Augustous Leon,A., & Khaing, A.M. (2002) Water Boiling Time. Thailand: Asian Institute of Technology.

Basu, Prabir. 2013. Biomass Gasification, Pyrolisis, and Torrefaction (Partical design and Theory). Elsevier Inc: London.

Djafar, dkk 2017. Pengaruh Ukuran Bahan Bakar Tongkol Jagung Terhadap Performa Kompor Gasifikasi Biomassa Tipe Forced Draft.

H. S. Mukunda*, S. Dasappa, P. J. Paul, N. K. S. Rajan, Mahesh Yagnaraman, D. Ravi Kumar and, (2010). Gasifier stoves – science, technology and field outreach. General artickel.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Institut Pertanian Bogor (LPPM IPB). 2008. Mengenal lebih dekat tungku sekam IPB. Diakses pada tanggal 11 Februari 2016.

Madhiyanon, T. , al al. 2010. Combustion Characteristics Of Rice-Husk In A
Short-Combustion-Chamber Fluidized-Bed Combustor. Bangkok, Thiland: Mahanakorn University of technology.

Prabowo, Nandana Dwi, (2010), “Pengaruh Variasi Air Fuel Ratio (AFR) dan Ukuran Biomassa Terhadap Gasifikasi Biomassa Ampas Tebu pada reaktor Downdraf Sistem Batch”, ITS

UB-03 Nurhuda Nurhuda, M. 2008. Menuju Kemandirian Energi Bagi Rakyat Miskin dengan Kompor Bimassa UB. Artikel. Universitas Brawijaya. Malang.