PENGARUH U-TURN DI RUAS JALAN PROF. DR. Hi. JOHN A. KATILI DAN JALAN NANI WARTABONE KOTA GORONTALO

  • Bonny Ishak Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Gorontalo
  • Yuliyanti Kadir Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Gorontalo
  • Indriati Martha Patuti Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: U-turn, Tingkat Pelayanan, Tundaan Lalu Lintas

Abstract

Putar balik (u-turn) adalah bukaan median yang dibuat sebagai kebutuhan khusus. Kendaraan melakukan putar balik arah akan menimbulkan antrian. Jika terjadi pada jam sibuk, maka akan menimbulkan kemacetan. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis waktu kendaraan melakukan manuver serta tundaan akibat aktifitas dan menganalisis pengaruh u-turn terhadap tingkat pelayanan.Lokasi penelitian dilakukan pada putar balik arah (u-turn) di Jl. Prof. Dr. Hi. John A. Katili dan Jl. Nani Wartabone. Data primer yang dikumpulkan adalah data LHRT, geometrik jalan, kecepatan kendaraan, dan waktu manuver u-turn. Analisis dilakukan dengan menggunakan Metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI 1997).

Hasil penelitian menunjukkan pada titik tinjauan I (ruas Jl. Prof. Dr. Hi. John A. Katili) arus lalu lintas maksimum adalah 935 smp/jam, kapasitas 3234 smp/jam, tingkat pelayanan jalan A, waktu manuver kendaraan melewati u-turn 18,67 dan tidak terjadi antrian, berdasarkan nilai rasio (ρ) 0,82. Pada titik tinjauan II (ruas Jl. Nani Wartabone) menunjukan arus lalu lintas maksimum adalah 432 smp/jam, kapasitas 3135 smp/jam dan tingkat pelayanan jalan A, waktu manuver kendaraan melewati u-turn 17,53 tidak terjadi antrian, berdasarkan nilai rasio (ρ) 0,30. Titik tinjauan I Lebar bukaan median sebesar 9,40 meter tidak memenuhi syarat untuk putar balik kendaraan berat, untuk itu perlu ditambahkan dimensi lebar bukaan median menjadi 12 meter dan perlu dilakukan pelebaran tepi luar pada ruas Jl. Prof. Dr. Hi. John A. Katili.

 

Published
2019-12-23