ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PERMINTAAN TELUR AYAM PETELUR DI DESA LAMU KECAMATAN TILAMUTA KABUPATEN BOALEMO

  • Andi Lelanovita Sardianti 1,2Program Studi Agribisnis,Fakultas Pertanian, Universitas Ichsan Gorontalo
  • Sisfin Ngabito Program Studi Agribisnis,Fakultas Pertanian, Universitas Ichsan Gorontalo
Keywords: Pengaruh, Permintaan telur Ayam Petelur

Abstract

Perilaku Konsumen merupakan kegiatan atau tindakan pembelian yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhanya. Konsumen akan memenuhi semua yang diperlukan oleh tubuhnya sehingga tidak akan kekurangan apapun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan telur ayam petelur, untuk mengetahui hubungan faktor umur,pekerjaan,pendapatan,tingkat pendidikan dengan perilaku konsumen dan pembeli telur ayam petelur. Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Pengambilan sampel menggunakan pendekatan Tabachic dan Fidell. Dengan jumlah variabel independen dikalikan dengan 10-25. Jumlah variabel independen dalam penelitian ini adalah 4, sehingga jumlahsampel yang dibutuhkan berada pada kisaran 40-100. Oleh karena itu, jumlahsampel yang digunakan adalah 40 sampel. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi dengan variabel dependen yaitu permintaan telur ayam petelur yang dipengaruhi oleh variabel independen yaitu harga, pendapatan jumlah tanggunggann dan selera serta variabel.Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel harga, pendapatan, jumlah tanggungan dan selera ternyata memiliki pengaruh dan signifikan terhadap permintaan ayam petelur di Desa Lamu Kecamatan Tilamuta Kabupaten Boalemo.

Published
2019-12-23