STOP BERI SISWA PINTAR NILAI TINGGI: PROTOTYPE PENERAPAN SPACED REPETITION SEBAGAI INDIKATOR USAHA BELAJAR SISWA
Abstract
Penilaian siswa seringkali tidak adil yaitu hanya berdasarkan kemampuan yang dapat didemonstrasikan oleh siswa, dan tidak menyentuh penilaian terhadap usaha yang telah dilakukan ataupun oleh perkembangan kemampuan yang telah dicapainya (dari sebelum kelas dan setelah kelas). Hal ini tentu sangat mempengaruhi persepsi siswa tentang pembelajaran. Siswa yang berhasil lulus tanpa usaha akan menganggap pembelajaran tidak perlu usaha, siswa yang bekerja keras (dan meningkat) tetapi mendapat nilai rendah akan menganggap pembelajaran adalah sia-sia (karena tidak menilai usahanya). Spaced repetition adalah sebagai suatu metode untuk memperkuat ingatan tentang suatu materi, sebenarnya dapat juga dimanfaatkan sebagai alternatif indikator usaha siswa dalam belajar. Menggunakan pendekatan protyping, penelitian ini menggali potensi pemanfaatan pendekatan spaced repetition sebagai indikator usaha sisiwa, manfaat-manfaat dari implementasi pendekatan menjadi suatu aplikasi, juga kemungkinan kendala-kendala yang dapat muncul beserta usulan penyelesaianya.