PERANCANGAN APLIKASI PENGENALAN SHOLAT DAN WUDHU MENGGUNAKAN (AR) ARGUMENTED REALITY

  • Nurdin Pakaya Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Politeknik Gorontalo
  • Abdul Rahman Tapate Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Politeknik Gorontalo
Keywords: Wudhu, Tayamum, Mobile, Argumented Reality

Abstract

AugmentedReality(AR)adalahsuatuanimasiyangmemasukkanobjekvirtual3Dkedalamanimasinyatasecara real-time.PenelitianiniakanmemasukkanteknologiARkedalamkatalogpengenalantatacarasholatdanwudhu dengan adanya objek 3D pada karakter animasi. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang berjalan pada platform mobile android, dimana aplikasi AR ini memerlukan video streaming yang diambil dari kamera smartphone sebagai sumber masukan, kemudian aplikasi ini akan melacak dan mendeteksi marker (penanda) dengan menggunakan sistem tracking, setelah marker terdeteksi, model karakter animasi 3D pada katalog akan muncul diatas marker seolah-olah model karakter tersebut nyata. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan akan membuat anak – anak mengetahui gerakan sholat dan wudhu, yang bertempat pada sekolah dasar madrasahiftidaiya.Berdasarkan hasil review terhadap beberapa jurnal yang relevan dengan penelitian AR, diperoleh informasi bahwa teknologi AR dapat digunakan sebagai media untuk memperkenalkan tata cara sholat dan wudhu kepada siswa sekolah dasar. Dalam pembuatan aplikasi AR, metode yang digunakan bisa menggunakan metode Marker BasedTrackingdanMarklessAR.Sedangkanmodelpengembanganyangdigunakanadalahmodelwaterfallyang terdiri dari lima fase yaitu analysis, design, implementation, testing danmaintenance.

Published
2019-12-23