TANTANGAN PEMBELAJARAN E-LEARNING DI PERGURUAN TINGGI

  • Riklan Kango Prodi Teknik Elektronika, Jurusan Teknik Elektro,Politeknik Negeri Balikpapan
  • Saiful Ghozi
Keywords: e-learning, pembelajaran, perguruan tinggi

Abstract

Proses pembelajaran di perguruan tinggi dengan sistem secara tatap muka merupakan model utama dalam proses pembelajaran. Namun model pembelajaran online (e-learning)mulai dikembangkan untuk diimplementasikan kepada peserta didik karena dipandang memiliki kedewasaan dan kemandirian dalam proses pembelajaran Tujuan penelitian ini mejelaskan keuntungan dan tantangan dalam menggunakan e-learning di perguruan tinggi. Metode penelitian adalah metode survei dengan pendekatan asosiatif. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa pembelajaran online (e-learning)selain memiliki kelebihan mempunyai tantangan yang perlu ditanggulangi dimasa depan yaitu mobile learning, cloud computing, collaboration learning, mentoring, hybriid learning, student centered. Berdasarkan temuan penelitian ini, jika perguruan tinggi mampumengatasi tantangan tersebut maka didapatkan hasil level kedewasaan penggunaan elearning yang menjadi sebuah rekomendasi perbaikan tatakelola model pembelajaran abad 21.

Published
2019-12-23