PERANCANGAN ULANG TATA LETAK PASAR TRADISIONAL DENGAN METODE MARKET BASKET ANALYSIS (Studi Kasus Pasar Sabtu Andalas, Kota Gorontalo

  • Joko Priyanto Jurusan Teknik Industri, Universitas Negeri Gorontalo
  • Idham Halid Lahay Jurusan Teknik Industri, Universitas Negeri Gorontalo
  • Stella Junus Jurusan Teknik Industri, Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Pasar Tradisional, Tata Letak kelompok dagang, Market Basket Analysis, ARC.

Abstract

Pasar Sabtu Andalas Kota Gorontalo merupakan salah satu pasar tradisional yang perlu pembenahan dari masalah-masalah yang ada agar pasar tersebut dapat lebih layak dan nyaman untuk di kunjungi. Untuk itu dilakukan penelitian untuk mendukung data pembenahan pasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan data mining, khususnya metode Market Based Analysis dengan Algoritma Apriori dalam memetakan hubungan asosiasi dari produk yang dibeli oleh pengunjung, dan kemudian dipetakan tata letak berjualan di dalam pasar yang lebih efektif dan efisien di dalam pasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan/keterkaitan asosiasi antar kelompok dagang dan menentukan tata letak layout. Hasil dari penelitian menghasilkan empat prioritas yaitu prioritas pertama mutlak perlu untuk didekatkan yaitu kelompok dagangAdan B dengan nilai confidence 97.62%. Prioritas kedua sangat perlu untuk didekatkan yaitu kelompok dagang AE, BE, BN, BE dan CE dengan nilai confidence <80-90%. Prioritas ketiga perlu untuk didekatkan yaitu kelompok dagang BM, CK, ED, ID, EI, HI, HK dan IL  dengan nilai confidence < 80% - 70%. Prioritas Keempat biasa/cukup perlu untuk didekatkan yaitu kelompok dagang A-H, A-I, A-K, A-L, B-H, B-I, B-K, B-L, B-S, C-L, D-H, E-H, E-K, E-L, F-H, F-K dan F-L dengan nilai confidence <70-50%.

 

Published
2019-12-23