PENGARUH VARIASIJENIS BAHAN BAKAR TERHADAP EMISI GAS BUANG PADA SEPEDA MOTOR VIXION 155cc VVA TIPE INJEKSI TAHUN 2018

  • Mohamad Sanusi Prodi S1 Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Gorontalo
  • Hendra Uloli Prodi S1 Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Gorontalo
  • Muh. Yasser Arafat Prodi S1 Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: bahan bakar, rpm, emisi gas buang

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jumlah emisi gas buang Hidro Karbon (HC) dan Karbon Monoksida (CO) pada sepeda motor sistem EFI dengan bahan bakar premium, pertalite, pertamax, pertamax turbo. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif pada desain Eksperimen, dengan pengolahan data menggunakan rancangan acak lengkap faktorial (RAKL-F). Hasil Penelitian ini adalah Dari hasil percobaan yang dilakukan pada sepeda motor system EFI dapat disimpulkan bahwa rata-rata jumlah kandungan emisi gas buang HCdengan variasi bahan bakar pada rpm 2000, 3000 dan 4000 dan diulangi sebanyak 3 kali diperoleh nilai terendah atau lebih ramah lingkungan yaitu pada bahan bakar pertamax turbo dengan putaran mesin 4000 rpm sebesar 379,33 ppm, dan nilai yang tertinggi tetapi tidak melewati ambang batas emisi gas buang HC pada kenderaan bermotoryaitu pada bahan bakar premium dengan putaran mesin 2000 rpm sebesar609,67 ppm. Sedangkan rata-rata jumlah kandungan emisi gas buang CO diperoleh nilai terendah atau lebih ramah lingkungan yaitu pada bahan bakar pertamax turbo dengan putaran mesin 2000 rpm sebesar 0,33%, dan nilai yang tertinggi tetapi tidak melewati ambang batas emisi gas buang CO pada kenderaan bermotor yaitu pada bahan bakar premium dengan putaran mesin 4000 rpm sebesar1,11%.

Published
2019-12-23