METODE PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAPAT MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SMK NEGERI 2 KOTA GORONTALO

  • Hariana Hariana JurusanSeni Rupa dan Desain, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Gorontalo
  • Sufri Sufri JurusanSeni Rupa dan Desain, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Seni Budaya, Minat Belajar

Abstract

Seni Budaya adalah mata pelajaran di SMK Negeri 2 yang dibelajarkan setiaptingkatan kelas. Mata pelajaran seni budaya melingkupi bidang Seni Rupa, Seni Teater, Seni Tari, Seni Musik, dan Sastra Lisan. Penelitian ini membahas pengaruh metode pembelajaran terhadap minat belajar siswa dalam menerima pelajaran Seni Budaya bidang Seni Rupa. Penelitian dilakukan pada Siswa SMK Negeri 2  Kelas X Multimedia 2. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui minat belajar siswa terkait dengan metode pembelajaran yang diberikan oleh Guru dan Dosen dalam Program Penugasan Dosen di Sekolah Tahun 2019. Data yang terkumpul dianalisis deskriptif berdasarkan hasil wawancara Guru dan Siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan studi literatur, wawancara, angket untuk memperkuat data wawancara, dan penilaian hasil belajar siswa. Selain itu data pengamatan siswa dalam melaksanakan proses belajar juga menjadi analisis dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis penggunaan metode pembelajaran dalam upaya peningkatan hasil belajar siswa di sekolah. Peningkatan prestasi atau hasil belajar siswa menjadi tujuan utama dalam proses pembelajaran di sekolah. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif melalui analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa peran aktif dan minat belajar siswa dalam proses belajar mengajar dipengaruhi oleh metode pembelajaran yang Guru dan Dosen gunakan di kelas. Hal tersebut ditunjukkan oleh hasil evaluasi pembelajaran yang diberikan oleh Guru dan Dosen melalui evaluasi tertulis dan secara lisan dalam melihat kemampuan siswa.

Published
2019-12-23