PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS VIRTUAL LABORATORY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP GELOMBANG BUNYI DAN CAHAYA DI SMA KABUPATEN BONE BOLANGO.

  • Tirtawaty Abdjul Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Virtual Laboratory, Real Experiment, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Tujuan  penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menerapkan pembelajaran berbasis virtual laboratory dengan hasil belajar siswa yang menerapkan pembelajaran yang berbasis real experiment dikelas XI IPA  pada konsep gelombang bunyi dan cahaya dengan lokasi penelitian SMA Negeri 1 Tapa dan SMA Negeri 1 Kabila. Sampel penelitian yaitu pada sekolah SMA Negeri 1 Tapa terpilih kelas XI IPA2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA1 sebagai kelas kontrol sedangkan di sekolah SMA Negeri 1 Kabila terpilih kelas XI IPA3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA4 sebagai kelas kontrol. Metode penelitian ini menggunakan Quasi Experimentmelalui desain Posttest Only Control Group Design. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar siswa di sekolah SMA Negeri 1 Kabila, untuk kelas eksperimen memperoleh hasil belajar rata-rata 84,74 sedangkan untuk kelas kontrol memperoleh nilai rata 74,9. Hasil belajar yang di peroleh pada sekolah SMA Negeri 1 Tapa, untuk kelas eksperimen meperoleh nilai rata 85,5 sedangkan pada kelas kontrol memperoleh nilai rata 74,22. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang menerapkan pembelajaran berbasis virtual laboratory dengan hasil belajar siswa yang menerapkan pembelajaran berbasis real experiment

Published
2019-12-23