PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMASI MELALUI PENERAPAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN

  • Yunita Hatibie Jurusan Pend. Bahasa Inggris, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: : Pembelajaran Bahasa Inggris, Tekhnologi komunikasi dan informasi, Multimedia

Abstract

Makalah ini bersifat teoretis dan bertujuan untuk membahas konsep multimedia pembelajaran, fungsi multimedia, taksonomi multimedia dalam pembelajaran, karakteristik multimedia dalam pembelajaran, format multimedia pembelajaran, langkah-langkah mengembangkan multimedia, kegunaan multimedia, dan kendala-kendala dalam menerapkan multimedia. Multimedia pembelajaran merupakan suatu pilihan dalam strategi pembelajaran bahasa Inggris yang menekankan pada aspek penguasaan keterampilanberkomunikasi seperti keterampilan berbicara, mendengar, membaca dan menulis. Multimedia bukan sajaberperan sebagai alat bantu guru dalam penyajian informasi materi. Namun juga berfungsi sebagaipenyalur pesan dan penghubung antara guru dan siswa. Multimedia juga dapat berupa sumber informasimateri yang dipadukan menjadi suatu unit pembelajaran terpadu dan dikombinasikan dalam suatu bentukbahan ajar dan strategi mengajar yang dapat diterapkan dikelas maupun diluar kelas baik dalam bentukkelompok maupun individu. Media pembelajaran berdasarkan media penyaji mencakup: grafis, bahancetak, dan gambar diam; media proyeksi diam; media audio; media audio ditambah media visual diam; gambar hidup (film); televisi; dan multimedia.

Published
2019-12-23