SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI PEMBERIAN KREDIT PADA BADAN USAHA MILIK DESA DENGAN MENGGUNAKAN METODE TOPSIS

  • Yulanda Hamzah Yunus stmik ichsan
Keywords: Kata Kunci  : Sistem Pendukung Keputusan, Seleksi Kredit, Metode Topsis, Web, Php, Mysql.

Abstract

Pada penelitian ini, permasalahan yang di angkat adalah adanya kendala dalam penentuan pemohon yang memenuhi persyaratan dan dinyatakan bisa menerima pinjaman. Dalam pengambilan keputusan penentuan pemberian pinjaman, pihak BUMDes melakukan rapat musyawarah. Sering terjadi ketidaksepakatan dengan pihak yang akan meminjam ataupun dengan sesama pihak BUMDes itu sendiri. Tujuan penelitian ini untuk merancang sebuah Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Pemberian Kredit dengan menerapkan Metode Topsis Pada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Sehingga diharapkan analisis metode TOPSIS dapat memudahkan pengambilan keputusan dalam menentukan siapa yang layak untuk menerima pinjaman berdasarkan kriteria yang telah ditentukan.

 

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan memanfaatkan sumber data primer dan data sekunder. Sedangkan metode pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui observasi dan interview. Pengujian yang lakukan menggunakan pengujian whitebox dan pengujian blackbox. Salah satu proses dalam sistem ini yakni pada form penilaian peserta telah di uji dengan pengujian whitebox dengan perolehan hasil yang seimbang yaitu Cyclomatic Complexity (CC) = 5. Dengan begitu, sistem ini dapat berjalan dengan baik. Pengujian blackbox dengan beberapa sampel pengujian juga sudah di lakukan dengan hasil yang baik bahwa sistem dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

 

Dapat disimpulkan bahwa Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Pemberian Kredit Pada Badan Usaha Milik Desa Dengan Menggunakan Metode TOPSIS dapat memaksimalkan proses pengambilan keputusan dalam penetuan seleksi pemberian kredit menjadi lebih efektif dan efisien. Selain itu, dengan adanya hasil penelitian ini peserta seleksi juga akan lebih mudah melihat nilai dan hasil seleksinya.

Published
2021-01-22