EVALUASI PENGELOLAAN SMK BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI DI PROVINSI GORONTALO MENGGUNAKAN MODEL CIPP

  • Arip Mulyanto
Keywords: Evaluasi Kebijakan, Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Pengelolaan, Teknologi Informasi

Abstract

Pendidikan vokasi diharapkan menghasilkan lulusan yang siap kerja. Namun kenyataannya, lulusan pendidikan vokasi belum siap kerja, dan tidak mau langsung kerja.. Penelitian ini bertujuan melakukan evaluasi terhadap pengelolaan Pendidikan Vokasi (SMK) di bidang Teknologi Informasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian evaluasi model CIPP (Context, Input, Process, Product). Evaluasi dilakukan terhadap 73 responden yang meliputi Dikbudpora Provinsi Gorontalo, Kepala Sekolah, Alumni, dan Dunia Usaha/Dunia Industri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan pendidikan vokasi bidang teknologi informasi di Provinsi Gorontalo belum optimal. Hasil evaluasi konteks yang meliputi pengelolaan kurikulum, kelembagaan, perserta didik dan pengembangan karakter, dan pendidik dan tenaga kependidikan masuk kategori baik. Hasil evaluasi input yang meliputi kurikulum, sarana prasarana, dan guru menunjukkan kategori cukup. Hasil evaluasi proses yang meliputi pembelajaran dan prakerin menunjukkan kategori baik. Hasil evaluasi produk berupa lulusan menunjukkan kategori baik.

Published
2021-01-22