SOSIALISASI STRATEGI PENGEMBANGAN POTENSI BISNIS PADA UMKM DI KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN

  • Puspita Lianti Putri Universitas Harapan Bangsa
Keywords: strategi, bisnis, UMKM, Purwokerto Selatan

Abstract

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu kegiatan usaha yang berkontribusi besar dalam perekonomian nasional. Persaingan yang semakin ketat ini didukung dengan kemajuan teknologi yang semakin berkembang, sehingga mengharuskan UMKM untuk mampu beradaptasi dengan cepat oleh perubahan ini. Strategi bisnis membantu perusahaan untuk mengantisipasi masalah dan menyiasati trend bisnis yang terus berubah. Sehingga rintangan yang menghadang, maupun tujuan yang ditetapkan dapat terwujud. Seperti strategi untuk menarik lebih banyak sales lead, meningkatkan akuisisi pelanggan, meningkatkan kepuasan pelanggan, meningkatkan kualitas produk dan penjualan, atau menghasilkan revenue bisnis dan profitabilitas sebanyak-banyaknya. Strategi bisnis penting bagi pelaku UMKM karena strategi yang baik dapat membantu UMKM mengidentifikasi langkah-langkah kunci yang akan diambil guna mencapai tujuan bisnis. Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman pelaku UMKM di Kecamatan Purwokerto Selatan untuk meningkatkan keunggulan kompetitif.

References

Brigham, E.F. dan J. F. Houston. 2009. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Buku Satu. Edisi Kesepuluh. Salemba Empat. Jakarta.
David, Fred R, 2011. Strategic Management, Buku 1. Edisi 12 Jakarta
Eddy Yunus. 2016. Manajemen Strategis. Yogyakarta: Andi Offset
Harahap Sofyan Syafri (2009), Analisis Kritis atas Laporan Keuangan Edisi Ke satu. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Joewono, Handito. (2012). Strategy Management. Jakarta: Arrbey.
Kasmir, 2016. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Michael E. Porter. (2008). Competitive Advantage (Keunggulan Bersaing): Menciptakan dan Mempertahankan Kinerja Unggul. Kharisma Publishing. Tangerang.
Rangkuti, Freddy 2017. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis Cetakan Keduapuluh Tiga. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama
Sutrisno. (2009), Manajemen Keuangan Teori, Konsep dan Aplikasi, Edisi Pertama, Cetakan Ketujuh, Penerbit Ekonisia, Yogyakarta.
Published
2023-12-24