PELATIHAN PEMANFAATAN BAHAN ALAM SEBAGAI APE DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA UNTUK GURU PAUD GUGUS KHARISMA PONOROGO

  • Endang Lestari
  • Rifa Suci Wulandari STKIP PGRI Ponorogo
  • Ardian Pitra Satya Purnama
  • Muhammad Zainul Arifin
Keywords: Bahan-bahan Alam; Alat Permainan Edukatif; Kurikulum Merdeka

Abstract

Setiap lembaga PAUD tidak terlepas dari adanya Alat Permainan Edukatif (APE). Lembaga PAUD pada umumnya menggunakan APE yang sudah jadi atau membeli. Disisi lain banyak bahan-bahan alam yang ada di sekitar bisa dimanfaatkan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas guru PAUD gugus Kharisma Ponorogo dalam membuat APE dengan memanfaatkan bahan-bahan alam yang ada di sekitar. Fokus pembuatan APE adalah bahan-bahan alam yaitu batang rumput, daun ketela, tusuk sate, pelepah pisang, kulit jeruk bali, tempurung kelapa, benang, dan lem. Metode kegiatan pengabdian ini meliputi: (1) Perencanaan awal, (2) Pelatihan pembuatan APE, (3) Pendampingan pembuatan APE, dan (4) Evaluasi. Hasil kegiatan ini merupakan implementasi  kurikulum merdeka yakni mandiri berubah, mandiri belajar dan mandiri berbagi. Mitra dapat memanfaatkan APE dari bahan-bahan alam dalam pembelajaran untuk mengenalkan lingkungan sekitar yang kaya akan bahan-bahan alam sehingga pelayanan serta model APE di PAUD mengalami peningkatan. Adapun hasil yang didapatkan pada pelatihan ini adalah produk APE dari bahan alam.

References

Ananingtiyas Ratika Ajeng. 2023. “Pengenalan dan Pengembangan APE Berbasis Gerakan Literasi Nasional pada kb Anugrah. Jppnu.”

Anon. t.t.-a. “Hal-hal yang harus diperhatikan dalam Pembuatan Ape Halaman 1 - Kompasiana.com.” Diambil 25 Februari 2024 (https://www.kompasiana.com/fatussahara/617fb82801019014175006f2/hal-hal-yang-harus-diperhatikan-dalam-pembuatan-ape).

Anon. t.t.-b. “Pengaruh Lingkungan Sekitar untuk Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini | Mayar | Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.” Diambil 25 Februari 2024(https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/2665).

Budiman, Yohana Kadademahe, Muazza Muazza, K. A. Rahman, dan Winda Mailina. 2023. “Implementasi Kurikulum Merdeka pada Satuan Paud Sekolah Penggerak TK Khalifah Kota Jambi.” Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Teori Dan Hasil Pendidikan Dasar 2(1):11–19. doi: 10.22437/jtpd.v2i1.26568.

Imroah, Hasnaul. 2023. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif melalui Permainan Tradisional pada TK Remasari Kecamatan Kedokan Bunder Kabupaten Indramayu.” Jurnal Pendidikan Indonesia 4:272–81. doi: 10.36418/japendi.v4i03.1653.

Jateng, Paud . 2022. “Sk Bskap 008/H/KR/2022 Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka.” Paud Jateng. Diambil 25 Februari 2024 (https://www.paud.id/bskap-008-h-kr-2022-capaian-pembelajaran-kurmer/).

Laila, Azzah, dan Olyvia Candraloka. 2019. “Pemanfaatan Potensi Alam sebagai Alat Permainan Edukatif di Paud Delima Jobokuto Jepara.” E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 10:76. doi: 10.26877/e-dimas.v10i1.2883.

Nafisa, Meilina, dan Ruqqoyah Fitri. 2023. “Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi di Lembaga Paud.” Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran 6:179–88. doi: 10.30605/jsgp.6.2.2023.2840.

Oktari, Vanni Miza. 2017. “Penggunaan Media Bahan Alam dalam Pembelajaran di Taman Kanak-kanak Kartika 1-63 Padang .” Paud Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1(1):49–57.doi:10.31849/paudlectura.v1i1.503.

Published
2024-06-28
Section
Articles