IMPLEMENTASI ALGORITMA DIJKSTRA DALAM PENENTUAN JALUR TERPENDEK MENUJU OBJEK WISATA DI KABUPATEN TEGAL

Main Article Content

Syefudin syefudin
Ahmad Muzakky Zain
Gunawan Gunawan

Abstract

Pencarian jalur terpendek pada sebuah graf berbobot mengacu pada pencarian jalur dengan jumlah bobot simpul terkecil, yang membentuk jalur tersebut. Oleh karena itu, jalur yang ditemukan merupakan jalur yang memiliki jumlah bobot simpul atau jarak yang paling minim. Pencarian jalur terpendek dilakukan pada pencarian objek wisata di Kabupaten Tegal yang akan membentuk suatu graf berarah dan berbobot. Sebelum menjalankan algoritma Dijkstra, dibutuhkan data jarak dari setiap simpul terlebih dahulu untuk menentukan jalur terpendek. Objek wisata yang dituju merupakan objek wisata yang diminati warga atau wisatawan, terdapat satu objek wisata yang paling diminati di Kabupaten Tegal sesuai hasil survey yaitu, Objek Wisata Guci. Bobot tiap simpul diambil dari geolocation objek wisata Guci. Dari hasil proses algoritma Dijkstra dapat diketahui jalur yang dihasilkan oleh algoritma Dijkstra sudah cukup akurat atau tepat. Kemudian dari data jarak yang didapatkan, kemudian dihitung waktu tempuh menuju objek wisata Guci dengan memasukkan variable bobot kemacetan dan rata-rata kecepatan yang diasumsikan dari kendaraan roda 2 dan roda 4. Pada penelitian ini, perhitungan jalur terpendek rute terpendek yang didapatkan dari titik awal di Taman Rakyat Slawi menuju Objek Wisata Guci sejauh 28,7 km. Sedangkan data waktu tempuh didapat dari kondisi jalan yang diasumsikan normal tanpa hambatan kecuali bobot kemacetan.

Article Details

How to Cite
syefudin, S., Zain, A. M., & Gunawan, G. (2023). IMPLEMENTASI ALGORITMA DIJKSTRA DALAM PENENTUAN JALUR TERPENDEK MENUJU OBJEK WISATA DI KABUPATEN TEGAL. Jurnal Technopreneur (JTech), 11(2), 70 - 75. https://doi.org/10.30869/jtech.v11i2.1233
Section
Articles