OPTIMALISASI LAYANAN E-LIBRARY BERBASIS SLiM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SISWA PADA PERPUSTAKAAN SMKN 6 JEMBER

Main Article Content

Friscela Yona Nagifea

Abstract

Pengguna teknologi dari berbagai bidang akan terus mengalami peningkatan. Teknologi-teknologi tersebut dapat saling terhubung ke sebuah jaringan besar yang biasa disebut dengan internet. E-library sendiri merupakan salah satu bukti perkembangan teknologi era 4.0. Meskipun E-library sebagai terobosan baru di perpustakaan konveksional terus berkembang, tidak menutup kemungkinan perkembangan tersebut selalu dimanfaatkan dengan maksimal, seperti halnya perpustakaan yang ada di SMKN 6 Jember yang masih memanfaatkan perpustakaan konveksional. Hal tersebut menjadi penyebab literasi yang ada di SMKN 6 Jember rendah, karena masih di anggap tidak menarik dan membosankan. Guna mengoptimalisasikan pelayanan perpustakaan di SMKN 6 Jember, mahasiswa Kampus Mengajar 6 bersama Sekolah akan berkolaborasi untuk mengoptimalisasikan sarana perpustakaan baru berupa E-Library berbasis SliM 9 Bulian. Metode yang digunakan dalam penelitian kali ini ialah  Waterfall dan kuantitatif, yaitu metode yang digunakan dalam pengembangan dan menjabarkan suatu perangkat lunak melalui beberapa proses yang berurut, mengalir dari atas kebawah dengan melewati beberapa fase dalam penggunaan layanan SliM 9 Bulian dalam peningkatan literasi digital siswa. Penguatan dan pendampingan juga terlaksana dengan baik untuk memberikan pemahaman bagi warga sekolah SMK Negeri 6 Jember terkait fitur-fitur, pengelolaan buku, peminjaman buku, dan pengembalian buku. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan mengoptimalisasikan perpustakaan SMK Negeri 6 Jember menjadi E-Library memberikan banyak manfaat serta berbagai damapak positif bagi pengelola serta pengguna perpustakaan.

Article Details

How to Cite
Nagifea, F. (2023). OPTIMALISASI LAYANAN E-LIBRARY BERBASIS SLiM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SISWA PADA PERPUSTAKAAN SMKN 6 JEMBER. Jurnal Technopreneur (JTech), 11(2), 76 - 84. https://doi.org/10.30869/jtech.v11i2.1250
Section
Articles