MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS FITUR MIND MAP

Main Article Content

Lanto Ningrayati Amali

Abstract

Media pembelajaran berfungsi sebagai pendorong motivasi siswa untuk belajar dan mempertinggi daya serap siswa. Penelitian ini bertujuan untuk merancang media pembelajaran dengan fitur mind map. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 5 Gorontalo dengan subjek penelitian adalah siswa kelas x jurusan teknik komputer jaringan pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) model pembelajaran ADDIE dengan tahapan adalah analisis, desain, pembangunan, implementasi, dan evaluasi. Data dikumpulkan dengan melakukan wawancara, observasi serta angket penilaian dari ahli materi, ahli media dan pengguna (siswa). Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase kelayakan media pembelajaran menurut ahli materi sebesar 96%, presentase kelayakan menurut ahli media sebesar 91% serta respon pengguna sebesar 96.45%. Produk berupa media pembelajaran dengan fitur mind map pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar ini memiliki tingkat validitas kelayakan yang tinggi sesuai penilaian para ahli dan dinyatakan sangat layak untuk digunakan pada pembelajaran komputer dan jaringan dasar

Article Details

How to Cite
Amali, L. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS FITUR MIND MAP. Jurnal Technopreneur (JTech), 9(1), 1 - 6. https://doi.org/10.30869/jtech.v9i1.649
Section
Articles