RANCANG BANGUN ALAT PENETAS TELUR SEMI OTOMATIS

Main Article Content

Ramdan Ahya
Syamsu Akuba

Abstract

Provinsi gorontalo merupakan salah satu daerah dengan program unggulan bidang pertanian dan peternakan. Untuk mengsukseskan program tersebut perlu adanya masukkan teknologi yang tepat dalam pelaksanaannya, dalam bidang peternakan produksi ayam provinsi gorontalo sekitar 499.000/tahun dengan pertumbuhan tahun 2012 sampai 2013 berkisar 2.8%. Setelah melakukan pengujian dan analisa data, maka dapat diambil beberapa kesimpulan yaitu: Dengan adanya alat penetas telur, secara menggunakan system rak putar  ini, memberikan kemudahan dalam proses penetasan telur. Dengan pemanas 5 buah lapu pijar dengan total 25 Watt untuk kapasitas 120 sampai 150 butir telur.Pada pengujian alat penetas telur ini melakukan pengujian 34 telur yang dierami. Dan hasil pengujian yang ditetaskan 19 telur, sedangkan yang tidak menetas 15 telur.Pada hasil percobaan penetas telur ini mengatur suhu antara 38-39ºC dan memperoleh keberhasilan penetas  yang cukup agak memuaskan yaitu 44,11%.
Alat yang dibuat penulis ini mengunakan sistem pengatur suhu  menggunakan thermostat untuk menjaga kelembapan suhu di dalam dan rak pemutar mengunakan hadle untuk pemutaran rak telur. Diharapkan rancang bangun alat ini akan membantu para peternak ayam dalam proses penetasan telur sehingga kemampuan  daya penetasan telur lebih banyak.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ahya, R., & Akuba, S. (2018). RANCANG BANGUN ALAT PENETAS TELUR SEMI OTOMATIS. Jurnal Teknologi Pertanian Gorontalo (JTPG), 3(1), 44. https://doi.org/10.30869/jtpg.v3i1.168
Section
Articles