Studi Komparasi Desain Mata Pisau Pencacah Eceng Gondok

Main Article Content

Hasni Ina

Abstract

Eceng gondok merupakan salah satu tanaman air yang banyak tumbuh di sungai, pematang sawah atau waduk. Keberadaan tanaman ini lebih sering dianggap sebagai gulma air yang merugikan manusia. Penelitian ini merupakan penelitian studi komparasi berdasarkan hasil penelitian terdahulu untuk mendapatkan desain mata pisau dan hasil cacahan dari mesin pencacah eceng gondok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bentuk desain mata pisau terhadap hasil cacahan dari beberapa mesin pencacah Eceng Gondok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah membandingkan beberapa mesin pencacah eceng gondok dari penelusuran referensi. Penelusuran referensi dilakukan melalui studi pustaka yaitu dengan mencari informasi berupa pengumpulan data dari internet dan beberapa mesin yang telah ada di laboratorium mesin dan peralatan pertanian. Berdasarkan hasil studi diketahui bahwa untuk pembuatan pupuk organik, mesin pencacah eceng gondok harus didesain dengan meggunakan mata pisau tipe blender dan melakukan pengaturan pada plat penahan. Hal ini dimaksudkan agar hasil cacahan yang diperoleh dapat dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhannya, dimana ukuran cacahan eceng gondok untuk pembuatan pupuk organik berkisar 1,5 cm.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ina, H. (2021). Studi Komparasi Desain Mata Pisau Pencacah Eceng Gondok. Jurnal Teknologi Pertanian Gorontalo (JTPG), 6(1), 14-18. https://doi.org/10.30869/jtpg.v6i1.744
Section
Articles

References

Anonim, 2019, Manfaat Eceng Gondok Untuk Pupuk. Diakses pada 2 januari 2019. Link:https://bertani-di.blogspot.com/2014/07/manfaat-enceng-gondok-untuk pupuk.html.https://id.wikipedia.org/wiki/Eceng_gondok.
Daywin, F.J., D. (2008). Mesin-mesin Budidaya Pertanian di Lahan Kering. Jakarta: Graha Ilmu.
Hadisuwito, S., 2012, Membuat Pupuk Organik Cair. PT. Agro Media Pustaka: Jakarta Selatan.
Hadiutomo, 2012, Mekanisasi Pertanian. Bogor: IPB Press.
Ihwan, F., 2014, Pengujian Mesin Pencacah Hijauan Pakan (Chopper) Tipe Vertikal. Lampung Vol 4 No 1: 35-40. (14/1/2019).
Iksan, M., 2019, Rancang Bangun Mesin Pencacah Eceng Gondok unutk Pembuatan Pupuk Organik. Diakses pada tanggal 2 Juni 2019.
Kementerian Pertanian, 2011, Basis Data Ekspor-Impor Komoditi Pertanian. Diperoleh dari website Kementerian Pertanian Republik Indonesia.
Kristanto, B, A. Dkk., 2003, Pemanfaatan Eceng Gondok (E. crassipes) sebagai bahan pupukcair. Jurnal UNDIP.
Marlina, N., & Askar, S., 2001, NilaiI Gizi Eceng Gondok dan Pemanfaatan Sebagai Pakan ternak Non Ruminansia. Balai Penelitian Ternak Bogor. Vol. 5 No Hal 12.
Prasetyo, dkk., 2015, Rekayasa alat pencacah Eceng Gondok menggunakan siinder berpaku serta metode mencacah searah serat Eceng Gondok. Jurnal Jurnal Fisika Vol. 5 No.
Pratama, S., Andrea, R., Anwar, S., & Rizal, P., 2013, Alat Pencacah Eceng Gondok untuk Meningkatkan Produktivitas Pakan Iitik KUR Mekar Asih.
Soenandar, M., Nur, A, M., Raharjo, A., 2010 Petunjuk Praktis Membuat Pestisida Organik. PT. Agro Media Pustaka: Jakarta Selatan diakses pada tanggal 30 desember 2019.
Taufika, R. 2011. Pengujian Beberapa Dosis Pupuk Organik Cair TerhadapPertumbuhan dan Hasil Tanaman Wortel (Doucus carota L). Jurnal Tanaman. 1 (2) : 1-10