Identifikasi Perkebunan Kopi Menggunakan ArcGIS di Kecamatan Pinogu Kabupaten Bone Bolango

Main Article Content

Yunita Humola

Abstract

Salah satu metode penyampaian informasi data spasial yang digunakan untuk memaparkan informasi-informasi yang berhubungan dengan data spasial dan data pendukung lainnya adalah Teknologi SIG (sistem informasi geografis). Teknologi ini mengintegritaskan operasi pengolahan data berbasis database yang biasa digunakan saat ini. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi perkebunan kopi di Kecamatan Pinogu. Pinogu adalah nama wilayah kecamatan yang terletak pada bagian paling timur dari Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo. Kawasan ini terletak di pegunungan tilongkabila di pedalaman hutan kawasan taman nasional bogani nani wartabone pada ketinggian 247 s/d 1600 mdpl. Kopi pinogu adalah kopi organik yang menjadi produk unggulan di Kabupaten Bone Bolango. Teknik identifikasi perkebunan kopi dilakukan menggunakan teknologi SIG melalui software ArcGIS dengan sumber data berupa data primer dan data sekuder. Data primer pada penelitian ini adalah data sebaran perkebunan kopi yang diambil secara langsung. Sedangkan data sekunder terdiri dari peta administrasi, peta kemiringan lereng, peta penggunaan lahan, peta tanah, peta status kawasan, dan tabulasi komoditas tanaman kopi pinogu di Kecamatan Pinogu. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa perkebunan kopi di Kecamatan Pinogu tersebar di Desa Dataran Hijau, Bangio, Pinogu Permai, Pinogu, dan Tilongibila. Beberapa perkebunan kopi didominasi dengan tanah dystropept sebesar 82%, tanah tropaquept 9,4% dan tropudults 8,6% dan berada dikelas curam antara 25-40 % dan bahkan ada yang dikelas sangat curam <40%.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Humola, Y. (2021). Identifikasi Perkebunan Kopi Menggunakan ArcGIS di Kecamatan Pinogu Kabupaten Bone Bolango. Jurnal Teknologi Pertanian Gorontalo (JTPG), 6(1), 1-6. https://doi.org/10.30869/jtpg.v6i1.747
Section
Articles

References

Adininggar, F.W., Suprayogi, A., & Wijaya, A.P., 2016, Pembuatan Peta Potensi Lahan Berdasarkan Kondisi Fisik Lahan Menggunakan Metode Weighted Overlay, Jurnal Geodesi Undip, Vol. 5, No. 2, hal. 136-146.
Anonim, 2017, Kopi Pinogu, dari Belantara Hutan Menuju Istana Presiden, https://regional.kompas.com/read/2017/09/27/20160461/kopi-pinogu-dari-belantara-hutan-menuju-istana-presiden?page=all
BPS, 2016, Kecamatan Pinogu dalam Angka 2016, Gorontalo: BPS Kabupaten Bone Bolango.
Hamidi, 2011, Aplikasi Sistem Informasi Geografis Berbasis Web Penyebaran Dana Bantuan Operasional Sekolah, Jurnal Masyarakat Informatika, Vol. 2, No. 3, hal. 1-14.
Suryani, S., Sasongko, P.S., & Suharto, E., 2011, Sistem Informasi Geografis Pemetaan Sekolah Tingkat Pendidikan Dasar dan Menengah, Jurnal Masyarakat Informatika, Vol. 2, No. 3, hal. 39-50.
Susanto, A., Kharis, A., & Khotimah, T., 2016, Sistem Informasi Geografis Pemetaan Lahan Pertanian Komoditi Hasil Panen Kabupaten Kudus, Jurnal Informatika, Vol. 10, No. 2, hal. 1233-1243.
Lampiran Surat Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Nomor SK.6030/MENLHK-PKTL/KUH/PLA.2/11/2017 tentang Perkembangan Pengukuhan Kawasan Hutan.