SISTEM INFORMASI PEMASARAN PERUMAHAN DENGAN FITUR CHATBOT PADA PT. ABIDZAR ARTANA MANDIRI

  • . Ratnawati STMIK AKBA
  • Andryanto Aman STMIK AKBA
Keywords: Chatbot, Natural Languange Processing, Pemasaran Perumahan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem informasi pemasaran perumahan dengan menggunakan fitur chatbot pada pt abidzar artana mandiri untuk menangani nasabah. Algoritma implementasi chatbot menggunakan Natural Languange Processing (NLP), metode pengembangan sistem yang digunakan adalah Waterfall mulai dari tingkat analisis, desain, pengkodean, pengujian, dan pemeliharaan. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT yang mengatur Strenght, Weakness, Opportunity, Threat. Desain antarmuka menggunakan UML, pengkodean menggunakan bahasa pemrograman php, untuk pengujian menggunakan pengujian aplikasi menggunakan Black Box dan manajemen basis data menggunakan MySQL. Dalam penelitian ini dihasilkan sistem informasi pemasaran perumahan menggunakan fitur chatbot pada PT. Abdizar Artana Mandiri dengan hasil kuesioner sebesar 88,58%, menunjukkan bahwa sistem bekerja dengan baik.

Published
2022-01-18