PELATIHAN DESAIN KEMASAN DAN PEMASARAN ONLINE UNTUK UMKM DI KELURAHAN ARGOSARI, KUTAI KERTANEGARA
Abstract
UMKM memiliki peran yang signifikan terhadap perkembangan perekonomian nasional, dengan demikian maka pelatihan-pelatihan yang bertujuan untuk mengembangkan UMKM sebaiknya terus dilakukan. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan wawasan desain dan bentuk kemasan baru yang meningkatkan nilai jual produk. Selain itu, pendampingan dalam pemasaran online dengan menggunakan media sosial juga dilakukan dengan tujuan untuk menjangkau pasar yang lebih luas lagi. Pelatihan ini diberikan dengan mempertimbangkan permasalahan yang dialami mitra, yaitu: produk yang masih menggunakan packaging sederhana tanpa adanya desain label dan promosi yang belum dilakukan secara online. Hasil yang didapatkan melalui pelatihan ini adalah terciptanya kemasan yang dapat menjadi identitas produk dari UMKM mitra, serta terlaksananya kegiatan pemasaran atau promosi online untuk produk-produk UMKM mitra dengan menggunakan media sosial.
References
Fandi. (2022). Jumlah UMKM Kaltim sudah capai 344.581. Retrieved from ANTARA News Kalimantan Timur: https://kaltim.antaranews.com/berita/175125/jumlah-umkm-kaltim-sudah-capai-344581
Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. (2022). Perkembangan UMKM sebagai Critical Engine Perekonomian Nasional Terus Mendapatkan Dukungan Pemerintah. Jakarta: Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. Retrieved 02 21, 2023, from https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/4593/perkembangan-umkm-sebagai-critical-engine-perekonomian-nasional-terus-mendapatkan-dukungan-pemerintah#:~:text=Peran%20UMKM%20sangat%20besar%20untuk,total%20penyerapan%20tenaga%20kerja%20nasional.
Khairani, Z., Soviyant, E., & Aznuriyandi. (2018). EFEKTIFITAS PROMOSI MELALUI INSTAGRAM PADA UMKM SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN DI KOTA PEKANBARU. Jurnal Benefita, 3(2), 239-247.
Mulyana, M., & Sulistiono. (2020). Pelatihan Pengembangan Merek Dan Kemasan Bagi UMKM Kota Bogor. Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, 1(2), 87-94.
Nugrahani, R. (2015). PERAN DESAIN GRAFIS PADA LABEL DAN KEMASAN PRODUK MAKANAN UMKM. Imajinasi: Journal of Arts and Design, IX(2), 128-136.
Riyanto, A. D., & Noeris, M. F. (2018). PELATIHAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI ONLINE UNTUK PELAKU UMKM DI CILACAP. J-ABDIPAMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 53-58.
Solihin, D., Ahyani , A., Karolina, K., Pricilla, L., & Octaviani, I. S. (2021). Pelatihan Pemasaran Online Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online pada UMKM di Desa Cicalengka Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang. Dedikasi Pkm, 2(3), 307-311.
Sugiyono. (2010). Metodologi Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Tambunan, T. (2009). UMKM di Indonesia dan Beberapa Isu Penting. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Widiati, A. (2019). PERANAN KEMASAN (PACKAGING) DALAM MENINGKATKAN PEMASARAN PRODUK USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DI "MAS PACK" TERMINAL KEMASAN PONTIANAK. Jurnal Audit dan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura, 8(2), 67-76.


