WOKAPODES: Workshop Design Portofolio For SMKN 3 Boyolangu Students Depatemen DPIB As A Means Of Branding Skills In The Digital Era

  • Moh Faisal Faris Universitas Lampung
  • Ayu Komalasari Dewi Universitas Lampung
  • Suci Lestari Universitas Lampung
  • Tiya Suryadi Putri Universitas Lampung
Keywords: Portofolio, Desain, Personal Branding

Abstract

ABSTRAK

 

Portofolio desain merupakan suatu media yang dapat digunakan dalam menunjang personal branding diera digital. Melalui workshop penyusunan karya portofolio desain peserta diberikan bekal pengetauhan dan keterampilan dalam menyusun portofolio desain yang kreatif, komunikatif, menarik, dan professional. Tidak hanya itu peserta juga diberikan strategi personal branding diera digital. Kegiatan ini merupakan kolaborasi pengabdian dosen dan mahasiswa program profesi guru lintas universitas. Kegiatan ini bermitra dengan pihak SMKN 3 Boyolangu Kabupaten Tulungagung. Terdapat dua tahapan yaitu sesi I pelaksanaan pelatihan dan sesi II praktik penyusunan portofolio desain. Total sebanyak 118 peserta yang mengikuti serangkaian kegiatan, baik secara daring dan luring. Hasil evaluasi menunjukan peningkatan pemahaman peserta denga skor sebesar 3,30 poin dari rerata skor pre-test 5,75 poin menjadi 9,05 poin pada skor post-test. Kegiatan ini berhasil menjadi stimulus dalam peningkatan skill dan peluang karir bagi peserta.

References

DAFTAR PUSTAKA

Anderson, Denise. 2016. Stand Out: Design a Personal Brand. Build a Killer Portfolio. Finda Great Design Job. San Fransisco: Peachpit Press.

Amsury, Fachri. Dkk. 2023. Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial dan Desain Canva untuk Meningkatkan Personal Branding pada Panti Asuhan Adinda. Jurnal Dedikasi. 3.(2).92-99 https://doi.org/10.31479/dedikasi.v3i2.237

Faris, M.F., Andang,W., & Yunaidi, S. (2024). Penyediaan Layanan Jasa Desain Gambar Kerja Sebagai Implementasi Kesiapan Berwirausaha Siswa Sekolah Kejuruan Jurusan DPIB. Jurnal Qua Teknika, 14(1), 66-74.https://doi.org/10.35457/quateknika.v14i1.3325

Panyukova, S. (2020). Student’s Digital Portfolio for Assessing and Presenting Talents. ITM Web of Conferences. https://doi.org/10.1051/itmconf/20203502006.

Prasetyo, H., & Suryani, A. (2020). Penerapan Model Workshop dalam Meningkatkan Kemampuan Desain Grafis Siswa Sekolah Menengah Kejuruan . Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 8(2), 145–157. https://doi.org/10.17977/um021v8i2p145-157

Putri, R. A., & Prasetyo, H. (2021). Efektivitas Workshop dalam Meningkatkan Kemampuan Praktis Siswa pada Mata Pelajaran Desain Grafis . Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi, 10(4), 301–312. https://doi.org/10.32729/jipt.v10i4.987

Riyanto, T., & Suryadi, D. (2020). Pengaruh Pemberian Apresiasi terhadap Peningkatan Kepercayaan Diri dan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar . Jurnal Ilmu Pendidikan, 26(3), 189–197. https://doi.org/10.26858/jdm.v26i3.12345

Scolere, L. (2019). Brand yourself, design your future: Portfolio-building in the social media age. New Media & Society, 21, 1891 - 1909. https://doi.org/10.1177/1461444819833066.

Yusuf, M. A., & Primasari, D. (2021). Strategi Pembelajaran Daring Efektif di Tengah Pandemi COVID-19 . Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(3), 245–256. https://doi.org/10.21831/jpk.v7i3.38721

Widiyanto, A., & Susilaningsih, E. (2019). Penggunaan Pretest–Posttest untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar . Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 45–52. https://doi.org/10.26877/jipp.v3i1.3873

Published
2025-05-27
Section
Articles