WOKAPODES: Workshop Design Portofolio For SMKN 3 Boyolangu Students Depatemen DPIB As A Means Of Branding Skills In The Digital Era
Abstract
ABSTRAK
Portofolio desain merupakan suatu media yang dapat digunakan dalam menunjang personal branding diera digital. Melalui workshop penyusunan karya portofolio desain peserta diberikan bekal pengetauhan dan keterampilan dalam menyusun portofolio desain yang kreatif, komunikatif, menarik, dan professional. Tidak hanya itu peserta juga diberikan strategi personal branding diera digital. Kegiatan ini merupakan kolaborasi pengabdian dosen dan mahasiswa program profesi guru lintas universitas. Kegiatan ini bermitra dengan pihak SMKN 3 Boyolangu Kabupaten Tulungagung. Terdapat dua tahapan yaitu sesi I pelaksanaan pelatihan dan sesi II praktik penyusunan portofolio desain. Total sebanyak 118 peserta yang mengikuti serangkaian kegiatan, baik secara daring dan luring. Hasil evaluasi menunjukan peningkatan pemahaman peserta denga skor sebesar 3,30 poin dari rerata skor pre-test 5,75 poin menjadi 9,05 poin pada skor post-test. Kegiatan ini berhasil menjadi stimulus dalam peningkatan skill dan peluang karir bagi peserta.
References
DAFTAR PUSTAKA
Anderson, Denise. 2016. Stand Out: Design a Personal Brand. Build a Killer Portfolio. Finda Great Design Job. San Fransisco: Peachpit Press.
Amsury, Fachri. Dkk. 2023. Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial dan Desain Canva untuk Meningkatkan Personal Branding pada Panti Asuhan Adinda. Jurnal Dedikasi. 3.(2).92-99 https://doi.org/10.31479/dedikasi.v3i2.237
Faris, M.F., Andang,W., & Yunaidi, S. (2024). Penyediaan Layanan Jasa Desain Gambar Kerja Sebagai Implementasi Kesiapan Berwirausaha Siswa Sekolah Kejuruan Jurusan DPIB. Jurnal Qua Teknika, 14(1), 66-74.https://doi.org/10.35457/quateknika.v14i1.3325
Panyukova, S. (2020). Student’s Digital Portfolio for Assessing and Presenting Talents. ITM Web of Conferences. https://doi.org/10.1051/itmconf/20203502006.
Prasetyo, H., & Suryani, A. (2020). Penerapan Model Workshop dalam Meningkatkan Kemampuan Desain Grafis Siswa Sekolah Menengah Kejuruan . Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 8(2), 145–157. https://doi.org/10.17977/um021v8i2p145-157
Putri, R. A., & Prasetyo, H. (2021). Efektivitas Workshop dalam Meningkatkan Kemampuan Praktis Siswa pada Mata Pelajaran Desain Grafis . Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi, 10(4), 301–312. https://doi.org/10.32729/jipt.v10i4.987
Riyanto, T., & Suryadi, D. (2020). Pengaruh Pemberian Apresiasi terhadap Peningkatan Kepercayaan Diri dan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar . Jurnal Ilmu Pendidikan, 26(3), 189–197. https://doi.org/10.26858/jdm.v26i3.12345
Scolere, L. (2019). Brand yourself, design your future: Portfolio-building in the social media age. New Media & Society, 21, 1891 - 1909. https://doi.org/10.1177/1461444819833066.
Yusuf, M. A., & Primasari, D. (2021). Strategi Pembelajaran Daring Efektif di Tengah Pandemi COVID-19 . Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(3), 245–256. https://doi.org/10.21831/jpk.v7i3.38721
Widiyanto, A., & Susilaningsih, E. (2019). Penggunaan Pretest–Posttest untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar . Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 45–52. https://doi.org/10.26877/jipp.v3i1.3873
 
							

 
      

