PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PEMANFAATAN KOMODITI LOKAL MENJADI PRODUK BERNILAI EKONOMIS DI DESA REKSONEGORO

  • linda pade universitas ichsan gorontalo
  • Sinta Suleman Universitas Ichsan Gorontalo
  • Asniwati Zainuddin Universitas Ichsan Gorontalo
  • Ika Okhtora Angelia Universitas Ichsan Gorontalo
  • Arifuddin Arifuddin Universitas Ichsan Gorontalo
  • Serwin Serwin Universitas Ichsan Gorontalo
  • Asriany Labokko Universitas Ichsan Gorontalo
  • A. Nur Fitriani Universitas Ichsan Gorontalo

Abstract

Desa Reksonegoro merupakan daerah agraris dengan potensi utama berupa tanaman kelapa, jagung, dan pisang, tetapi pemanfaatannya masih terbatas pada penjualan dalam bentuk mentah. Sebagian besar masyarakat masih bergantung terhadap produk dodol yang masih menjadi salah satu produk unggulan yang dipasarkan di wilayah Kabupaten Gorontalo. Melalui kegiatan pengabdian, diharapkan masyarakat desa dapat memperoleh kontribusi nyata dengan pendekatan berbasis kebutuhan lokal, sehingga mampu menghadirkan solusi yang berkelanjutan bagi permasalahan yang dihadapi. Bentuk intervensi yang dapat dilakukan adalah pelatihan pembuatan VCO sebagai diversifikasi produk kelapa, pengolahan limbah pelepah pisang menjadi produk bernilai guna serta pelatihan pemanfaatan teknologi digital dalam desain kemasan. Luaran dan target capaian kegiatan ini adalah peningkatan keterampilan dan pengetahuan ibu-ibu rumah tangga dalam pengolahan kelapa menjadi VCO yang berkualitas, membantu mengurangi jumlah pelepah pisang sebagai limbah organik di desa dan menjaga kebersihan lingkungan, mendorong masyarakat berinovasi dalam menciptakan rasa baru keripik pisang yang unik dan sesuai dengan selera pasar serta meningkatkan pengetahuan tentang tren desain kemasan terbaru.

References

DAFTAR PUSTAKA

Badan Pusat Statistik Kabupaten Gorontalo. (2024). Statistik Potensi Desa Kabupaten Gorontalo 2024.

Kementerian Pertanian. (2023). Buku Statistik Penunjang Data Ekonomi Pertanian, 2023 Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian. https://satudata.pertanian.go.id/assets/docs/publikasi/Statistik_Penunjang_Data_Ekonomi_Pertanian-2023-ttd.pdf

Kusumah, B., & Darmawan, A. (2023). Perancangan Desain Kemasan Umkm Nusapad (Nusantaradeskpad) Dalam Membentuk Citra Produk. Jurnal Dasarupa, 5(2), 1–9.

Mughni, M., & Retnoningsih, S. (2025). Peran Elemen Visual Kemasan Ramah Lingkungan Jumpstart Dalam Meningkatkan Daya Tarik Penjualan. Magenta ( Jurnal Ilmiah Komunikasi Dan Media), 9(1), 1309–1323.

Sudjana. (2020). Desain Kemasan Produk (Analisis Perbandingan: Efektivitas Pelindungan Desain Industri atau Merek). Jurnal Ecodemica, 4(1), 117–126.

Tambunan, T. (2012). UMKM di Indonesia.

Published
2025-05-27
Section
Articles