Perancangan Sistem Informasi Absensi Berbasis Web di Yayasan SMP Uswatun Hasanah

  • Hendri Pristo Universitas Nusa Mandiri
  • Raja Harian Sitorus UNIVERSITAS NUSA MANDIRI
  • Thohir Asyari UNIVERSITAS NUSA MANDIRI
  • Sonia Syafira Fatoni UNIVERSITAS NUSA MANDIRI
  • Muhammad Rizky Lazuardi UNIVERSITAS NUSA MANDIRI
Keywords: Kata kunci: Bahasa Pemrograman, Sistem informasi absensi, Web

Abstract

Sistem informasi absensi pada sebuah lembaga pendidikan merupakan salah satu instrumen dalam menentukan kehadiran peserta didik diberbagai level satuan pendidikan. Di Yayasan Sekolah Menengah pertama (SMP) absensi siswa juga menjadi kegiatan rutin yang dilakukan setiap periode pembelajaran. Kurangnya media pendataan, membuat pihak sekolah kesulitan dalam menyimpan data absensi siswa. Manualnya pada proses absensi siswa juga menjadi salah satu permasalahan yang dihadapi, pembuatan laporan yang juga masih manual membuat sering terjadinya kesalahan dalam memasukkan data sehingga memerlukan waktu yang lama. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah sistem informasi absensi siswa berbasis web untuk memudahkan pendataan absensi siswa. peneliti mencoba membangun sebuah sistem informasi absensi siswa berbasis web di Yayasan Sekolah menengah Pertama Uswatun Hasanah Cengkareng dengan menggunakan bahasa pemrograman php dan xampp sebagai web server serta MySql sebagai databasenya sehingga proses input dan mengolah data lebih cepat. Hasil dari penelitan ini adalah aplikasi sistem absensi siswa ini dapat mempermudah pekerjaan guru dalam penginputan absensi, mempermudah guru dalam melakukan rekapitulasi absensi siswa, memberi kemudahan pihak sekolah meyampaikan informasi kepada orang tua siswa tentang absensi peserta didik di sekolah, dan mempermudah orang tua mendapat laporan absensi peserta didik.

Kata kunci: Bahasa Pemrograman, Sistem informasi absensi, Web

References

M. Destiningrum and Q. J. Adrian, “Sistem Informasi Penjadwalan Dokter Berbassis Web Dengan Menggunakan Framework Codeigniter (Studi Kasus: Rumah Sakit Yukum Medical Centre),” 2017. doi: 10.33365/jti.v11i2.24.

A. S. Eko Sudarmanto, Erika Revida, Nur Zaman, Marulam MT Simarmata, Sukarman Purba, Syafrizal Syafrizal, Erniati Bachtiar, Annisa Ilmi Faried, Nasrullah Nasrullah, Ismail Marzuki, Puji Hastuti, Jamaludin Jamaludin, Irwan Kurniawan, Faizah Mastutie, Konsep Dasar Pengabdian Kepada Masyarakat: Pembangunan dan Pemberdayaan, 1st ed. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2020.

H. K. W. A. I. K. Dede Firmansyah, “Penerapan Metode Waterfall Dalam Perancangan Sistem Informasi Penggajian Pada Smk Bina Karya Karawang,” 2020. doi: 10.35969/interkom.v14i4.56.
Published
2021-10-13