MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI PADA MATA PELAJARAN PAI DI KELAS XI-IPA-3 SMA NEGERI 1 RANDANGAN

  • Nurul Fadilah SMA Negeri 1 Randangan
Keywords: Aktivitas belajar; model pembelajaran; artikulasi; PAI

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui pembelajaran Artikulasi dan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dalam diskusi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara guru/pengamat dengan peneliti. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Randangan yang berjumlah 28 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, siklus 1 dilaksanakan dalam 3x pertemuan dan siklus 2 dilaksanakan dalam 2x pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas belajar siswa pada siklus I tiga kali pertemuan mengalami peningkatan. Pada siklus 1 pertemuan I, aktivitas belajar siswa mencapai persentase ketuntasan 79,2%,  siklus 1 pertemuan 2 aktivitas belajar siswa mencapai persentase ketuntasan 83,0%, dan pada siklus 1 pertemuan 3 aktivitas belajar siswa dalam kelompok juga mengalami peningkatan sebesar ketuntasan 88%. Begitu halnya pada siklus 2. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada siklus 2 pertemuan I mencapai persentase ketuntasan 47,6%. Pada siklus 2 pertemuan 2 hasil belajar siswa telah mencapai indikator keberhasilan ketuntasan 95% dengan kategori sangat baik.

Published
2020-12-04