MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTIONS PADA MATA PELAJARAN PPKN DI KELAS XI-IPA-1 SMA NEGERI 1 RANDANGAN

  • Sarsina Zainuddin SMA Negeri 1 Randangan
Keywords: Model problem based instructions; aktivitas belajar; PPKN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa Kelas XI IPA-1 SMA Negeri 1 Randangan melalui pembelajaran Model Problem Based Instructions dan juga meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dalam diskusi oleh siswa kelas XI-IPA-1 SMA Negeri 1 Randangan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, siklus 1 dilaksanakan dalam 3x pertemuan dan siklus 2 dilaksanakan dalam 2x pertemuan. Dari hasil penelitian, aktivitas belajar siswa pada siklus 1 dan 2 mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari siklus 1 pertemuan I, aktivitas belajar siswa mencapai persentase ketuntasan 43,47%. Pada siklus 1 pertemuan 2 aktivitas belajar siswa meningkat dimana aktivitas belajar mencapai persentase ketuntasan 42,98%. Pada siklus I pertemuan 3 juga mengalami peningkatan mencapai 63,8%. Begitu pula pada siklus 2 juga mengalami peningkatan capaian yang lebih baik dari siklus I sebelumnya. Pada siklus 2 pertemuan I mencapai presentase ketuntasan 70,04%,  siklus 2 pertemuan 2 aktivitas belajar siswa telah mencapai indikator keberhasilan dimana persentase ketuntasan 79,61% dengan kategori sangat baik.

Published
2020-12-04