MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT PADA MATA PELAJARAN PPKN DI KELAS V SD NEGERI 08 RANDANGAN

  • Ismail Taha Nasir SDN 08 Randangan
Keywords: Pemahaman siswa; model cooperative script; belajar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara guru/pengamat dengan peneliti. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas V SDN 08 Randangan yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 1 siklus, siklus 1 dilaksanakan dalam 2x pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes terulis. Dari hasil penelitian, aktivitas belajar siswa pada siklus I  dua kali pertemuan mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari siklus I pertemuan I, aktivitas belajar siswa mencapai presentase ketuntasan 53.12% mengalami peningkatan mencapai 87.5% pada siklus 1 Pertemuan ke 2. Hal yang sama pula terjadi pada hasil belajar siswa mengalami peningkatan, pada siklus I hasil belajar siswa mencapai ketuntasan 75% mengalami peningkatan pada siklus I pertemuan ke 2 mencapai ketuntasan 91.  67%. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan model Cooperative Script dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam kemampuan pemecahan masalah pada siswa Kelas V SDN 08 Randangan.

 

Published
2020-12-04